INTEGRASI MEDIA MNC GROUP DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI DAN KOMPETISI DI PASAR BISNIS INDUSTRI MEDIA PENYIARAN
Sari
Jurnal ini memberikan pemahaman tentang integrase yang terjadi pada media khususnya MNC Group. Integrasi tersebut berhasil memberikan improvisasi pada efisiensi. Persaingan pasar industry media menjadi sebuat ketentuan yang menjadi landasan berpacunya media untuk menjadi sebuah holding dan saling menunjang dari sisi satu dan sisi lainnya. Penulis menggunakan teori SCP untuk melihat bagaimana struktur media, perilaku media, dan performancenya untuk mencapai sebuah konsep bisnis industry media yang sempurna
This thesis analyzes MNC Media at the viewside of media group in Indonesia with through the time and had raced into the largest integration media group in Southeast Asia. To analyze the efficiency and the competition that created by MNC Media Group, actually, researchers try to analyze based on the theory. That theory is Industrial Organization owned media Kranenburg. This theory explains how Structure, Conduct and Performance of a media become into a value chain to survive in the competition group media today we called is integration. There is also a research concept by adding strategy concepts of business broadcast media industry. The indicator used to measure and analyze the success rate occurred partly based on data media with the large revenue increase profit margins, many advertisers, competition audience share, and the company's efficiency.
Keywords: Integration, MNC Media Group, Efficiency, Competition, Industry Media Broadcasting Business
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, Rulam, 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Ar-ruzz Media, Yogyakarta.
Albarran, Alan. 1996. Media Economic: Understanding Market Industries and Concept . Iowa State University Pers.
Baker, E. C, 2004. Media, Market and Democracy, Comminicayion Scienty and Politic. Cambridge University
Bungin, Burhan,2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosia lainnya. Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
Cassell, C, Symon, S, 2004. Essential Guide to Qualitative Methods in Organisational Research. Sage Publications, London.
Creswell, J.W, 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Sage [2nd ed.], Thousand Oaks, CA.
Croteau, D., Hoynes, W., 1997. Industries and Audience. Pine Forge Press, London.
Denzin, N. Lincoln, Y. (Eds.), 1994. Handbook of Qualitative Research. Beverly Hills CA: Sage.
Denzin,N.. 2000. The Hand book Qualitatif Research. Sage Publication.
Downing John. D.H , 2004. The sage Book of Media Studies. Sage Publication. Aus
Elvinaro, Ardianto. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Eriyanto, 2008, Konsentrasi Kepemilikan Media dan Ancaman Ruang Publik, JISIP. Jakarta
Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi, CV Andi Offset. Yogyakarta
Fu Wayne, 2003, Applying the Structure-Conduct-Perfomance framework in Media Industry Analysis, IMM- The International Journal on Media Management vol 5 no IV Nanyang Technological University, Singapore
Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Golding, Peter & Graham Murdoch. 2000. The Political Economy of Media. Volume 3. Edwar Edgar Publishing Limited. Cheltenham
Hariadi, Bambang, 2005, Perumusan Strategi Pemasaran, Malang: Bayumedia Publishing
Husein, Umar, 2010, Riset pemasaran dan bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
McQuail, Dennis 1987. Teori Komunikasi Massa, terj Agus Dharma dan
Aminuddin Ram. Jakarta: Erlangga.
Miller, R. J and Roger E Meiners. 2000. Teori Mikroekonomi Intermediate. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Moleong, Lexy. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi & Setiawan, Johny. 2001. Sistem Pengendalian dan Perencanaan Manajemen. Edisi Ke 2, Cetakan Ke 1. Salemba Empat. Jakarta
Noor, F Henry, 2010. Ekonomi Media, Raja Grafindo Persada. Jakarta
Patra, Fadil. 2012. Strategi Bisnis Media. Universitas Indonesia, Depok
Patton, Michael Quinn. 2002. Qualitative Research and Evaluation Methods. Sage Publication Inc. USA
Rakhmat, Jalaluddian. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Rusadi, Udi. Kajian Media, Isu Ideologis. PT Raja Grafino Persada, Jakarta.
Sudibyo, Agus. 2004. Ekonomi Politik Media Penyiaran, ISAI. Jakarta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.
Supriyono,R.A. 2002. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: Liberty Yogykarta.
Sudarman , Ari. 2004. Teori Ekonomi Mikro, edisi 4, Yogyakarta : BPFE UGM
Suryana, ahmad, 2011, Strategi dan Pemikiran Bisnis, Jakarta : Salemba Empat
Symon, Gillian, Cassel. 2004, Qualitative Methods in Organizational Research, Sage Publications, London.
Yulianti, T. 2004. Iklan Politik di Televisi, Kompas, Jakarta
Jurnal dan Penelitian :
Awaluddin, Iwan. 2011 Penelitian di Pusat Kajian Media & Budaya Populer (PKMBP) Yogyakarta Pemantau Regulasi dan Regulator media (PR2MEDIA), Yogyakarta.
Dedy Hidayat N. 1999. Bahan Penunjang Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi dan Latihan Penelitian Komunikasi: Bagian I Paradigma Klasik dan Hypothetico-Deductive Methode Dalam Penelitian Komunikasi. Jakarta: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI. http://www.academia.edu/
Ningtyas, Sagita. Konglomerasi industri media penyiaran di Indonesia analisis ekonomi politik pada group media nusantara citra. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2010.
Kartika, Kristiya. 1996. Ekologi Media : Persaingan Industri Surat Kabar Dalam Memperebutkan Iklan, Tesis S2 Universitas Indonesia, Jakarta
Utami, Sinung. 2012, Jurnal Spasialisasi Industri Media. Universitas
R kristiawan, Liberalisasi Media: Kajian Ekonomi Politik Tentang Demokratisasi dan Industrialisasi Media di Indonesia (MNC)
Sumber Lain :
http://ahmadfatoniofficial.wordpress.com/2010/05/03/ekonomi-media/
https://bincangmedia.wordpress.com/tag/industri-media/)
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5390
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5390.g3401
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|