INFORMASI KEBIJAKAN LARANGAN KANTONG PLASTIK TERHADAP MINAT BELI TAS RAMAH LINGKUNGAN

PRAMELANI pramelani

Sari


Limbah sampah plastik di Indonesia sangat meningkat dan dapat membahayakan bagi lingkungan. Maka, pemerintah memberlakukan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai. Ada beberapa daerah yang telah menetapkan kebijakan tersebut. Sedangkan, pemerintah di DKI Jakarta sedang mempersiapkan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai. Selama enam bulan, pemerintah mengadakan sosialisasi terhadap kebijakan tersebut. Dan informasi kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai sudah diinformasikan dari tahun kemaren. Dan tas ramah lingkungan juga diinformasikan sebagai penggantinya. Penulis tertarik untuk meneliti mengenai informasi kebijakan yang didapatkan oleh masyarakat tersebut. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Informasi Kebijakan Larangan Kantong Plastik terhadap Minat Beli Tas Ramah Lingkungan. Responden dipilih yang tinggal di daerah DKI Jakarta dan dengan teknik convenience sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sedangkan, analisa data diuji dengan korelasi spearman. Hasil dari korelasi tersebut adalah terdapat hubungan yang kuat.antara informasi kebijakan larangan kantong plastik dengan minat beli tas ramah lingkungan
Kata Kunci : Informasi, Kebijakan, Minat Beli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azuar, J., Irfan, Manurung, S., & Satriawan, B. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis Dengan SPSS. (R. Franita, Ed.) (Pertama). Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Dianita, D. I., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Brand Ekstensi dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengaruh Brand Ekstensi Iphone Di Kota Malang (Survei pada pengunjung Outlet OPPO Smartphone di Mall Plaza Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(1), 119–125. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2733/3127

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Firona, W., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Direct Selling Dan Media Sosial Melalui Facebook Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rokok Sin Herbal. JRMB: Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis., 3, 213–222. Retrieved from http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/138

Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hakim, L., & Mustaqiem. (2018). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Pada SMA NEGERI 2 Sampit Berbasis Desktop. Jurnal Sistem Informasi, 5, 1–6. Retrieved from http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/54/50

Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif (Pertama). Depok: Kencana Prenada Media Group.

Hernandeni, D. F., Bafadal, I., & Maisyaroh. (2018). Intensitas Komunikasi Kepala Madrasah, Guru, dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan (JAMP), 1, 150–159. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/3394/2136

Indozone.id. (2018). Pemprov DKI Akan Siapkan Pergub Larangan Pemakaian Kantong Plastik. Indozone.Id. Retrieved from https://www.indozone.id/news/pemprov-dki-akan-siapkan-pergub-larangan-pemakaian-kantong-plastik

IreneWibowo25. (2018). 4 Kota Di Indonesia Ini Mulai Melarang Penggunaan Kantong Plastik. Antaranews.Com. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/773652/kota-bogor-resmi-larang-kantong-plastik

Ismail, H. F. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial (Pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Kusuma, H. (2018). Kemenkeu Beberkan Alasan Kantong Plastik Perlu Kena Cukai. Detik.Com. Retrieved from https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4349504/kemenkeu-beberkan-alasan-kantong-plastik-perlu-kena-cukai

Parlina, A., Mawarni, G., & Safitri, D. (2018). Media Penunjang Informasi Dan Promosi Berbentuk Katalog Produk Pada PT Ideal Formica Purnatata. CICES JOURNAL, 4(1), 15–28. Retrieved from http://ejournal.raharja.ac.id/index.php/cices/article/view/424/300

Pramelani. (2018). Terpaan Informasi Hoax McDonald di Whatsapp Terhadap Kepercayaan Konsumen. Jurnal Komunikasi, 9(2), 48–53. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jkom.v9i2.4392.g2706

Prisilia, A., Tombeng, S., Rengkung, L. R., & Waney, N. F. L. (2018). Keunggulan Kompetitif Produk Tepung Kelapa Pada PT Putra Karangetang Minahasa Selatan. Agri-Sosioekonomi Unsrat, 14 No.1, 81–94. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jisep/article/view/18966/18526

S Arum, R. (2016). Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Di Pasar Bandeng Kota Tangerang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sabrina, N., Azwar, & Sofa, N. (2017). Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Selebriti Pada Iklan Wardah Versi Dewi Sandra ( Studi Kasus Mahasiswi UIN Jakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ). Epigram, 14(2), 143–152. Retrieved from http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/view/1092/658

Sari, N. (2019). Dua Bulan Lagi, DKI Punya Pergub Larangan Kantong Plastik. Kompas.Com. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2019/01/14/19121611/dua-bulan-lagi-dki-punya-pergub-larangan-kantong-plastik

Zuhad, S. F. (2018). Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Pada Sektor Publik (Studi tentang Aspek Penahapan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Universitas Brawijaya Malang). JPAP, 4 No. 1, 980–991. Retrieved from http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/1282/1083




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.5028

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.5028.g3549

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License