Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Tenaga Kefarmasian di RSUD Batara Siang Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Fitri Rahmadani Darwis, Tuti Bahfiarti, Muhammad Farid

Sari


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan komunikasi interpersonal tenaga kefarmasian di RSUD Batara Siang Kabupaten Pangkajene dan Kepualauan. Dengan pendekatan dekriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis tematik dan analisis naratif untuk menggali lebih dalam keterampilan komunikasi interpersonal dalam pelayanan kefarmasian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi interpersonal tenaga kefarmasian bermanfaat menjelaskan informasi obat dengan bahasa yang dipahami pasien, penggunaan alat bantu komunikasi, serta keterlibatan keluarga pasien dalam terapi obat. Temuan ini menegaskan komunikasi yang baik tidak hanya bemanfaat pada pemahaman pasien, tetap juga membentuk kepatuhan terhadap pengobatan. Kendala utama yang dihadapi adalah perbedaan bahasa, keterbatasan pemahaman pasien, serta waktu interaksi yang terbatas akibat jumlah pasien yang banyak. Penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan komunikasi bagi tenaga kefarmasian untuk membangun kualitas layanan kefarmasian. Temuan ini memiliki signifikansi dalam standar komuniaksi tenaga kefarmasian guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepasa pasien.


Kata Kunci


Interpersonal Communication, Pharmaceutical Workers, Communication Skills, RSUD Batara Siang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abqa, R., Konadi, W., & Musrizal, M. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Berdasarkan Aspek Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal (Studi Pada Pasien RSUD Datu Beru Takengon Kab. Aceh Tengah). IndOmera, 4(8), 88–97. https://doi.org/10.55178/idm.v4i8.354

Araújo-Neto, F. de C., Dosea, A. S., & Lyra-Jr., D. P. de. (2024). Performance, interpersonal relationships and professional satisfaction: determinants to support pharmaceutical reengineering. Exploratory Research in Clinical and Social Pharmacy, 15, 100497. https://doi.org/10.1016/j.rcsop.2024.100497

Arnanda, Q. P., & Barliana, M. I. (2021). Review Article: Interprofessional Pharmacist Collaboration in Improving Patient Outcomes. Farmaka, 19(3), 19–29.

Azhar, S., & Mohamed Ibrahim, M. I. (2018). Quality of Pharmacy Health Services. In Social and Administrative Aspects of Pharmacy in Low- and Middle-Income Countries (pp. 281–294). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-811228-1.00017-0

Faisal, H. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kefarmasian Dengan Pasien Melalui Swamedikasi di Apotek Bunga Martapura [Universitas Islam Kalimatan Banjarmasin]. https://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/2063

Farooqi, R., Ashraf, F., & Nazeer, I. (2020). Interpersonal Communication, Teamwork Effectiveness, and Organizational Commitment in Pakistani Nurses. Pakistan Journal of Psychological Research, 35(4), 675–692. https://doi.org/10.33824/PJPR.2020.35.4.36

Fitri, D. Z. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Melati Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Hagemeier, N. E., Hess, R., Hagen, K. S., & Sorah, E. L. (2014). Impact of an Interprofessional Communication Course on Nursing, Medical, and Pharmacy Students’ Communication Skill Self-Efficacy Beliefs. American Journal of Pharmaceutical Education, 78(10), 186. https://doi.org/10.5688/ajpe7810186

Hargie, O., & Morrow, N. (1985). Interpersonal Communication and Professional Practice: a case study from Pharmacy. Journal of Further and Higher Education, 9(3), 26–39. https://doi.org/10.1080/0309877850090304

Lee, S. W. H., Thomas, D., Zachariah, S., & Cooper, J. C. (2019). Communication Skills and Patient History Interview. In Clinical Pharmacy Education, Practice and Research (pp. 79–89). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-814276-9.00006-4

Lele, J. S. A., Berkanis, A. T., & Tahu, S. K. (2020). Hubungan Peran Perawat Sebagai Caregiver dan Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien (Di Ruang Rawat Inap Cempaka Dan Kelimutu RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang). CHMK Nursing Scientific Journal, 4(1), 186–191.

Maghsoudi, S., Mohsenpour, M., & Nazif, H. (2022). Comparison of ethical decision-making and interpersonal communication skills training effects on nurses’ ethical climate. Clinical Ethics, 17(2), 184–190. https://doi.org/10.1177/14777509211034139

Membele, T. S., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2021). Analisis Efektivitas Komunikasi Interpersonal Penyuluh Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(3), 465–475. https://id.wikipedia.org/wiki/Sang_Pencerah#/media/Berkas:Sang_Pencerah.jpg

Nugroho, A. W. (2009). Komunikasi Interpersonal Atara Perawat dan Pasien (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Komunikasi Terapeutik Antara Perawat Terhadap Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta). Sebelah Maret.

Nurhidayah, R. E., & Revi, H. (2020). Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal, Kerja Tim dan Motivasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners dalam Implementasi Inter Professional Education Di Rumah Sakit USU. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 798–805. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11545

Pasaribu, B., Aulia, D., Kintoko Rochadi, R., & Author, C. (2019). Effect of Doctor’s Interpersonal Communication on Patient Satisfaction at Royal Prima General Hospital Medan. International Journal of Research & Review (Www.Ijrrjournal.Com) Vol, 6(November), 11. www.ijrrjournal.com

Pribadi, P., Kristina, S. A., Syahlani, S. P., & Satibi. (2019). The empirical test of pharmacist-patient relationship model in hospital pharmacy practice: Indonesia context. Research Journal of Pharmacy and Technology, 12(10), 4623. https://doi.org/10.5958/0974-360X.2019.00795.9

Rough, S., Shane, R., Armitstead, J. A., Belford, S. M., Brummond, P. W., Chen, D., Collins, C. M., Dalton, H., Dopp, A. L., Estevez, M. M., Hager, D. R., Halbach, B., Hays, R., Knoer, S., Kotis, D., Montgomery, D., Plummer, B., Riester, M. R., Schreier, D. J., … Vermeulen, L. C. (2021). The high-value pharmacy enterprise framework: Advancing pharmacy practice in health systems through a consensus-based, strategic approach. American Journal of Health-System Pharmacy, 78(6), 498–510. https://doi.org/10.1093/ajhp/zxaa431

Singh, S., Phoolka, S., Mago, M., & Bala, R. (2023). Linking Interpersonal Communication with Workplace Deviance through Transmittal Mediation Effect of Interpersonal Conflict. Journal of Content, Community and Communication, 17(9), 97–108. https://doi.org/10.31620/JCCC.06.23/08

Ummah, M. S. (2019). Pengalaman Tenaga Kefarmasian Dalam Mengidentifikasi Resep Obat Dari Dokter Dengan Keunikan Penulisnya. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Umurzakhova, G., Sultanbekov, A., Issatayeva, N., Zhakipbekov, K.,

Shopabaeva, A., Shertaeva, C., & Datkhayev, U. (2018). Communication skills as one of the main competences of pharmacists. Annals of Tropical Medicine and Public Health, 11(3), 62–69. https://doi.org/10.4103/ATMPH.ATMPH_194_17

Vermeulen, L. C., Swarthout, M. D., Alexander, G. C., Ginsburg, D. B., Pritchett, K. O., White, S. J., Tryon, J., Emmerich, C., Nesbit, T. W., Greene, W., Fox, E. R., Conti, R. M., Scott, B. E., Sheehy, F., Melby, M. J., Lantzy, M. A., Hoffman, J. M., Knoer, S., & Zellmer, W. A. (2020). ASHP Foundation Pharmacy Forecast 2020: Strategic Planning Advice for Pharmacy Departments in Hospitals and Health Systems. American Journal of Health-System Pharmacy, 77(2), 84–112. https://doi.org/10.1093/ajhp/zxz283

Wardhani, A. I., Soedarsono, D. K., & Esfandari, A. (2016). Soeharso Surakarta Interpersonal Communication Effectiveness of Doctor-Patient Communication Activity in Free Consultation Prof. Dr. R. Soeharso Orthopedic Hospital Surakarta. E-Proceeding of Management, 8(2), 13–19. https://journals.ums.ac.id/index.php/biomedika/article/view/2911

Widyastuti Wibowo, T. S. (2024). KOomunikasi Interpersonal Tenaga Kefarmasian Dengan Pasien Tetap Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Obat (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Tenaga Kefarmasian dengan Pasien Tetap di Apotek Kimia Farma Wisma Asri Kota. 6(2), 147–159.

Zaelanti, M., Nur’aeni, Anggraini, I., & Nurmala, D. (2025). Komunikasi Interpersonal Tenaga Teknik Kefarmasian Dalam Melayani Konsumen. Omnicom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25646

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25646.g6819

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:
 
E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License