Strategi Humas AHASS Modern Plaju dalam Menyikapi Komplain Rangka Motor Honda yang Patah

Muslimin Ritonga, Anton Saputra Wijaya

Sari


Strategi komunikasi yang tepat dari pihak Humas AHASS Modern Plaju sangat diperlukan untuk merespons keluhan pelanggan dan membangun kembali kepercayaan. General Manager AHASS Modern Plaju menyatakan bahwa kasus-kasus seperti ini cukup jarang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, namun tetap ada produk Honda yang menunjukkan indikator kerusakan pada rangka. Penelitian ini menganalisis strategi hubungan masyarakat (Humas) yang diterapkan oleh Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Modern Plaju dalam menangani krisis, khususnya terkait masalah keamanan produk. Dalam teori komunikasi kualitas pelanggan Teori ini menekankan bahwa kepuasan pelanggan yang tinggi akan berkontribusi pada loyalitas pelanggan. Dalam konteks AHASS Modern Plaju, strategi komunikasi yang efektif dalam menangani komplain dapat meningkatkan kepuasan dan mendorong pelanggan untuk tetap setia pada merek Honda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis data. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi humas AHASS Modern Plaju dalam menyikapi komplain rangka motor honda yang patah, dengan fokus utama pada upaya pemulihan citra, kepercayaan konsumen, dan penyelesaian masalah produk secara komprehensif. Penelitian ini menggali pemahaman tentang pentingnya komunikasi dua arah, transparansi, dan pengelolaan krisis yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Humas yang fleksibel dan responsif sangat diperlukan untuk membangun dan memelihara kepercayaan publik, dan pendekatan yang hati-hati dalam menangani kasus sensitif. Penelitian ini juga mengidentifikasi peran media sosial sebagai saluran komunikasi yang vital dalam mengelola persepsi publik dan merespons keluhan

Kata Kunci


Humas, Krisis, Strategi, Komunikasi, Ahass modern plaju, Media sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeniyatul. 2021. “Bab Iii Metoda Penelitian.” Jurnal Akuntansi dan Keuangan 3: 1–9.

Amitha Shofiani Devi et al. 2024. “Mewawancarai Kandidat: Strategi Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Efektivitas.” MASMAN : Master Manajemen 2(2): 66–78.

Arisona, R. (2023). Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya. BEE.Id.Blog.

Baeha, S. L. (2023). Analisis Strategi Harga Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengguna Jasa Service Motor Honda Pada Ahass Pt. Kencana Mulia Abadi Gunungsitoli. Jurnal Suluh Pendidikan, 11(2), 252–265. https://doi.org/10.36655/jsp.v11i2.1249

Hasanah, Hasyim. 2021. “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1): 21.

Ibnu Sholihin, Hendra Harmain, & Muhammad Syahbudi. (2023). Analisis Pengaruh Pelayanan Mekanik, Lokasi, Perusahaan, dan Garansi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Astra Honda Authorized Service Station Kecamatan Galang. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(1), 87–105. https://doi.org/10.58192/populer.v2i1.541

Kurnia, V. P. (2023). 5 Prinsip Komunikasi Efektif Berdasarakan Reach. Kompas.Com.

Rijali, Ahmad. 2022. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin.” 17(33): 81–95.

Novita, I. (2022). Komunikasi Internal & Eksternal.

Pasmul.ELi.com. (2024). 10 Faktor dan Cara Meningkatkan Customer Satisfaction.

Prayoga, C., Wahyuningsih, W., & Romdhon, M. (2021). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan pada Astra Honda Authorized Service Station 2549 Kadungora Motor Garut. Jurnal Wahana Akuntansi : Sarana Informasi Ekonomi Dan Akuntansi, 6(2), 70. https://doi.org/10.52434/jwa.v6i2.1726

Putri, V. K. M. (2022). Komunikasi Eksternal: Pengertian dan Contohnya. Kompas.Com.

Rosyda. (2020). Pengertian Kepuasan Pelanggan: Faktor, Indikator dan Optimalisasinya. Gramedia Blog.

Susilo, Agus, and Yohana Satinem. 2024. “ANALISIS PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER LITERASI GENERASI Z.” 03(02).

Yuniati, Ulfa. 2021. “Metode Penulisan Laporan KKP.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 2013–15.

Valdiani, D. (2023). Saluran Komunikasi Massa Sebagai Penyampai Pesan Pembangunan Bagi Masyarakat. Media




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25579

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25579.g6804

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:
 
E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License