Literasi Bahasa Gayo dalam Program ”Cerite Senye” pada Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Takengon

Viana Safrida Harahap, Subhan AB, Husni Fachri, Hajar Ashwad, Ikeldi Takengon

Sari


Program Cerite Senye yang disiarkan oleh LPP RRI Takengon merupakan inisiatif dalam melestarikan literasi bahasa Gayo di tengah arus globalisasi dan perkembangan media digital. Program ini menggabungkan siaran radio dan podcast YouTube dengan berbagai topik relevan, seperti adat-istiadat, budaya, ekonomi, dan kebijakan daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Cerite Senye dalam mendukung literasi bahasa Gayo serta memahami faktor yang mendorong pendengar mengaksesnya berdasarkan Uses and Gratification Theory. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cerite Senye berperan sebagai sumber informasi, edukasi, dan hiburan yang efektif dalam meningkatkan kesadaran terhadap bahasa Gayo. Selain itu, penggunaan bahasa Gayo dalam siaran menjadi daya tarik tersendiri bagi pendengar dan berkontribusi pada pelestarian bahasa daerah. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan Cerite Senye mendapatkan dukungan lebih luas untuk meningkatkan kualitas serta jangkauan siarannya. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya optimalisasi media penyiaran lokal dalam mempertahankan identitas budaya di era digital.

Kata Kunci


bahasa gayo, literasi, cerite senye, media penyiaran, pelestarian budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amisan, P., Pioh, N. R., & Pangemanan, F. N. (2024). Peran Lembaga Penyiaran Sebagai Sarana Komunikasi Politik dalam PILKADA Sulawesi Utara Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid-19. Academy of Education Journal, 15(2), 1337–1346. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2435

Audia, S., Mahmud, S., & Iqbal, M. (2016). Sapaan Hubungan Keakraban dalam Bahasa Gayo Dialek Uken. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 1(3), 74-84.

Bainudin, Wulandari, K.R., Syafi’I, A.H., Magara, I., Ustianti, Irawan, I., Hamzaini, Taufik, Y., Prayogi, A., Muhammad, L.O.A., Matitaputty, J.K. & Silubun, H.C.A. (2025). Mosaik Peradaban: Interaksi Manusia dan Kebudayaani. CV Gita Lentera.

Hasibuan, E. J., & Muda, I. (2018). Komunikasi Antar Budaya pada Etnis Gayo dengan Etnis Jawa. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.31289/simbollika.v3i2.1456

Bujangga, H. (2022). Revitalisasi Bahasa Gayo dan Penuturnya. Proceedings of International Conference on Islamic Studies, 1(1), 326-337.

Ginting, E.S. (2020). Penguatan Literasi di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020. 35-38.

Iman, B.N. (2022). Budaya Literasi dalam Dunia Pendidikan. Conference of Elementasy Studies 2022, 1(1), 23-41.

Khasanah, N., Syah, H., Nurliana, & Rahimia, N. (2023). Peran komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah kalimantan Tengah dalam Program Literasi Media Penyiaran pada Mahasiswa Kota Palangka Raya. COMMUNICATIVE: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(2), 95-105.

Kurniawati, R. & Maemonah. (2021). Bimbingan Literasi Media dan Pengarus Utamaan Moderasi Beragama di PPM-PIN IAIN Surakarta. Journal of Empirical Research in Islamic Education, 9(2), 311-334.

Mas’amah, Wutun M., & Nafie, J.A. (2023). Pembekalan Kemampuan Literasi Media Penyiaran dan Media Sosial bagi Siswa SMA. ABDIMAS: Jurnal LPPM UNDANA, 17(2), 52-58.

Mustofa, M.B., Wuryan, S., Al-Fajar, A., Prihartini, A., Salsabila, N.R., & Saliem, O.D. (2022). Fungsi Komunikasi Massa dalam Film. At-Tawasul, 2(1), 1-8.

Pamungkas, A., Adi, E. P., & Husna, A. (2024). Teenagers Utilisation of RRI Digital Application in Digital Literacy. Journal of Educational Technology Studies and Applied Research, 1(1), 6-9. https://doi.org/10.70125/jetsar.v1i1y2024a4

Puspasari, I. & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390-1400.

Surya, E., Barkah, C.S., Sukoco, I., & Auliana, L. (2022). Analisis Penerapan Komunikasi Lintas Budaya dalam Perusahaan Multinasional (Suatu Telaah Pustaka). Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (Dllmensi), 2(2), 63-74.

Utami, S. (2018). Kuliner Sebagai Identitas Budaya: Perspektif Komunikasi Lintas Budaya CoverAge: Journal of Strategic Communication, 8(2), 36-44. https://doi.org/10.35814/coverage.v8i2.588

Widiastuti, A., Alwasi, F.T., Dewi, D.A., & Hayat, R.S. (2024). Literasi Budaya dan Kewargaan Sebagai Upaya Mempertahankan Kebudayaan di Tengah Kemajemukan Masyarakat Indonesia. Semantic: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 83-90

.

Wutun, M., Daga, L., Swan, M., Meilawati, F., & Lada, H. (2022). Kampanye Literasi Media ‘Diet Televisi’ Bagi Mahasiswa Di Kota Kupang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 28-35. https://doi.org/10.35508/jpkmlppm.v16i1.8080




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25562

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25562.g6803

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:
 
E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License