Self-Disclosure Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Instagram: Studi Kualitatif tentang Ekspresi Diri di Era Digital

Wa Ode Dwi Cahyani Rahmad, Muliadi Mau, Muh. Akbar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik self-disclosure di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi di Instagram sebagai sarana ekspresi diri di era digital. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi media sosial, wawancara mendalam, dan dokumentasi unggahan mahasiswa seperti foto, video, instastory, dan caption. Berdasarkan teori Johari Window dan dimensi self-disclosure menurut DeVito, hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram berfungsi sebagai medium penting dalam manajemen citra diri, di mana tingkat keterbukaan informasi dipengaruhi oleh faktor kepercayaan diri, pengaturan citra melalui filter, serta interaksi dengan audiens. Selain itu, munculnya akun kedua (second account) sebagai strategi untuk menampilkan sisi diri yang lebih otentik tanpa tekanan norma sosial di akun utama. Penelitian ini memperkaya kajian komunikasi digital dengan menunjukkan bahwa media sosial bukan hanya ruang berbagi informasi, tetapi juga arena untuk pengelolaan identitas digital yang lebih fleksibel. Self-disclosure di media sosial memiliki pola berbeda dari interaksi tatap muka, dengan adanya elemen anonimitas dan selektivitas audiens.


Kata Kunci


Self Expression, Self Disclosure, Instagram, Digital Communication

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amelia, C. (2024). Dramaturgi dalam Media Sosial: Second Account Instagram sebagai Self-Disclosure pada Mahasiswa Muslimah. Jurnal Audiens, 5(4), 591–606. https://doi.org/10.18196/jas.v5i4.486

Anggraini, R. D., Ardiyansyah, A., Aminah, S., & Nurkhayati, A. (2024). Second Account Instagram sebagai Media Self Disclosure di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1104. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5039

Apriyanti, E., Sari, S., & Heriniazwi Dianthi, M. (2024). Self Disclosure Pada Komunikasi Generasi Z. Jurnal Professional, 11(1), 417–426. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6386

Desta Fitriani, S., & Siswoyo, M. (2019). Konsep Diri Mahasiswa Dalam Membentuk Loyalitas (Studi Deskriptif Kualitatif PadaMahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon). Jurnal Signal, 7(2), 2337–4454. https://doi.org/https://doi.org/10.33603/signal.v7i2.2418

Fridha, M., Palupi, T., & Irawan, R. E. (2020). Eksploitasi Anak Melalui Akun Instagram (Analisis Wacana Kritis Praktek Sharenting Oleh Selebgram Ashanty & Rachel Venya. Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1).

Habil, M., Budiman2, D. A., & Makhrian3, A. (2023). Instagram Stories Sebagai Media Pengungkapan Diri Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNIB (Kajian Pengguna Instagram Stories pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu). JURNAL KAGANGA, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkaganga.7.1.69-82

Komang, I., Putra, A. M., Angga, K., & Astina, D. (2019). Pemanfaatan Media Instagram Multiple Post Sebagai Sarana Edukasi Berbasis Visual Bagi Warganet. Jurnal Nawala Visual, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i2.42

Luky, A., & Amin, S. (2022). Analisis Self-Presenting Dalam Teori Dramaturgi Erving Goffman Pada Tampilan Instagram Mahasiswa. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 173–187. http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/dsjpips

Malonda, A. V., Sinolungan, J. S. V., & David, L. E. V. (2025). Gambaran Self-Disclosure pada Mahasiswa Kedokteran Pengguna Instagram di Sulawesi Utara. Jurnal Psikologi, 2(2), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v2i2.3609

Meilia, I. E., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (2024). Self-Disclosure Pada Second Account Instagram Generasi Z Kabupaten Tulungagung Self-Disclosure on the second Instagram Account of Generation Z, Tulungagung Regency. JASIMA: Jurnal Komunikasi Dan Media, V(1). www.hootsuite.com

Sagiyanto, A. (2018). Self Disclosure melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus pada Anggota Galeri Quote). Nyimak Journal of Communication, 2(1), 81–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687

Sari, L. N., & Susilawati, N. (2022). Motif Penggunaan Filter Instagram dikalangan Mahasiswa Perempuan Universitas Negeri Padang. Jurnal Perspektif, 5(2), 217–227. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.625

Shinthia, D., Syaifullah, S., & Abdullah, M. N. A. (2024). Latar Belakang dan Dampak dari Self-Disclosure Kaum LGBT pada Media Sosial Tiktok. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 8(2), 197–212. https://doi.org/10.32487/jshp.v8i2.2120

Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Gigih Permana, B. (2024). Peran Media Sosial Instagram Terhadap Interaksi Sosial dan Etika Pada Generasi Z. Journal on Education, 06(02).

Susanti, E., & Kholisoh, N. (2018). Kontruksi Makna Kualitas Hidup Sehat (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Herbalife Klub Sehat Ersanddi Jakarta). Jurnal Lugas, 2(1), 1. http://ojs.stiami.ac.id

Uzma, R. M., Satria, A., & Sobirin, S. (2024). Peran Instagram Terhadap Fashion Style di Kalangan Mahasiswi Komunikasi dan Penyiaran Islam Al-Zaytun Indonesia. Journal of Islamic Studies, 2(2), 135–141. https://doi.org/10.61341/jis/v2i2.073




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25480

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v12i1.25480.g6797

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License