Implementasi Artificial Intelegence (AI) Dalam Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk UMKM

Dina Andriana, Jusuf Fadilah, Widarti Widarti

Sari


Studi ini menganalisis potensi AI dalam mendukung proses digitalisasi bisnis UMKM di Indonesia, sejalan dengan target pemerintah untuk memigrasikan 30 UMKM ke platform digital pada tahun 2024. Mengadopsi metode Systematic Literature Review (SLR) yang dikembangkan oleh Xiao dan Watson (2019), penelitian ini secara sistematis mereview literatur terkait dan menganalisis studi kasus implementasi AI pada UMKM. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI memiliki peran signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional UMKM, serta dalam personalisasi pemasaran melalui pemahaman yang lebih mendalam terhadap perilaku konsumen. AI juga berpotensi meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Akan tetapi, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang menghambat UMKM dalam memanfaatkan teknologi AI seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pengetahuan. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan untuk mempercepat transformasi digital UMKM melalui pemanfaatan AI secara efektif.

Kata Kunci


Implementasi, AI, UMKM, Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Campesato, O. (2020). ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING AND DEEP LEARNING (David Pallai (ed.)). Mercury Learning and Information. https://www.google.co.id/books/edition/Artificial_Intelligence_Machine_Learning/pqnNDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=artificial+intelligence+adalah&printsec=frontcover

Chintalapati, S., & Pandey, S. K. (2022). Artificial intelligence in marketing: A systematic literature review. International Journal of Market Research, 64(1), 38–68. https://doi.org/10.1177/14707853211018428

Djermani, F., & Hajimia, H. (2021a). Artificial Intelligence Effect on Marketing Mix ABSTRACTS History. Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 72–76.

Djermani, F., & Hajimia, H. (2021b). Artificial Intelligence Effect on Marketing Mix. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 72–76. https://jameb.stimlasharanjaya.ac.id/JAMEB/article/view/132/109

Doni. (2022). UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital. Artikel Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/41205/umkm-naik-kelas-umkm-go-digital/0/artikel

Fatihah, D. C., Saidah, I., & Ganesha, P. P. (2021). MODEL PROMOSI MARKETPLACE BERBASIS A RTIFICIAL INTELIGENCE ( AI ) DI INDONESIA. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI (JMBI UNSRAT), 8(3), 806–817.

Haleem, A., Javaid, M., Asim Qadri, M., Pratap Singh, R., & Suman, R. (2022). Artificial intelligence (AI) applications for marketing: A literature-based study. International Journal of Intelligent Networks, 3, 119–132. https://doi.org/10.1016/J.IJIN.2022.08.005

Hermann, E. (2021). Artificial intelligence in marketing: friend or foe of sustainable consumption? AI and Society, 0123456789, 10–11. https://doi.org/10.1007/s00146-021-01227-8

Ho, S. P. S., & Chow, M. Y. C. (2023). The role of artificial intelligence in consumers’ brand preference for retail banks in Hong Kong. Journal of Financial Services Marketing, 0123456789. https://doi.org/10.1057/s41264-022-00207-3

Huang, M. H., & Rust, R. T. (2021). A strategic framework for artificial intelligence in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 30–50. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00749-9

Husein. (2023). FEB-INSIGHT: ARTIFICIAL INTELLIGENCE... ANCAMAN ATAU KEUNTUNGAN BAGI UMKM? Detail Berita UNITOMO. https://www.unitomo.ac.id/berita/single/feb-insight-artificial-intelligence-ancaman-atau-keuntungan-bagi-umkm

Krchova, H., & Hoesova, K. S. (2021). THE IMPACT OF MODERN COMMUNICATION MARKETING TOOLS TO INCREASE THEINNOVATIVENESS OF BUSINESS. Marketing and Management of Innovations, 6718(3), 117–126. http://doi.org/10.21272/mmi.2021.3-10

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Siaran Pers. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Nirwana, A., Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034

Pratika, Y. (2023). The Effect of Artificial Intelligence Utilizing in Social Media Marketing. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 18(2), 245–253. https://doi.org/10.37301/jmubh.v18i2.23211

Ridwan Ristyawan, M., & Tandra, H. (2019). MODEL ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS RESOURCE BASE VIEW UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF EKSPOR UMKM KOTA PONTIANAK. Kajian, 24(3), 181–190. https://doi.org/10.22212/KAJIAN.V24I3.1868

Ruiz-Real, J. L., Uribe-Toril, J., Torres, J. A., & Pablo, J. D. E. (2021). Artificial intelligence in business and economics research: Trends and future. Journal of Business Economics and Management, 22(1). https://doi.org/10.3846/jbem.2020.13641

Sugiono, S. (2021). Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Augmented Reality di Perangkat Mobile dalam Komunikasi Pemasaran. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 1. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3715

Sulistyowati, Rahayu, Y. S., & Naja, C. D. (2023). Penerapan Artificial Intelligence Sebagai Inovasi Di Era Disrupsi Dalam Mengurangi Resiko Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Wadiah, 7(2), 117–142. https://doi.org/10.30762/wadiah.v7i2.329

Tambunan, C. R. (2023). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Publikasi DJPB KEMENKEU. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel.html

Triyudian Rasid, F. E., Pramono H, S., & Nur Rizal, M. (2021). Faktor Pendorong, Proses, dan Tantangan Transformasi Digital Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Informasi Interaktif, 6(2), 62–71.

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1–8. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jap-widyakarya/article/view/832/878

Viska. (2022). Jadikan UMKM Naik Kelas, Pemerintah Dorong Transformasi Digital. Berita Pemerintahan KOMINFO. https://www.kominfo.go.id/content/detail/43655/jadikan-umkm-naik-kelas-pemerintah-dorong-transformasi-digital/0/berita

Wen, L., Lin, W., & Guo, M. (2022). Study on Optimization of Marketing Communication Strategies in the Era of Artificial Intelligence. Mobile Information Systems, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1604184




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v11i2.23473

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v11i2.23473.g6710

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License