ANALISIS KOMPARATIF TENTANG STUDI KASUS ANTARA PRESS RELEASE DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PT. AXIS TELEKOM INDONESIA

Alica Gina Rachmalia Sutanto, Sri Dewi Setiawati

Sari


Abstrak - Penelitian ini dengan judul Analisis Press Release pada Instansi Pemerintahan dan Swasta (Analisis Studi Kasus press release di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat & PT Axis Telekom Indonesia). penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus yang di paparkan melalui teori Cresswell di jelaskan bahwa, A case study is an exploration of a bounded system or a case (or multiple cases) over time through detailed, in depth data collection involving multiple sources of information rich in context, ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahun public relations perusahaan pada  Dinas  Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan PT. Axis Telekom Indonesia, pada analisis penulisan press release  di kedua perusahaan tersebut. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara open-ended, observasi, analisis dokumentasi, studi literatur, internet searching, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis penulisan press release pada kedua perusahaan  dengan menggunakan beberapa unsur dalam penulisan press release, yakni Advantage,  Applications,  dan  Details  dari  press release yang di buat kedua perusahaan mempunyai pemahaman yang berbeda berdasarkan pengertian dan kegunaan yang di maksudkan dalam teori yang sebenarnya. Peneliti menarik kesimpulan bahwa pemahaman PR perusahaan pada umumnya masih mengandalkan pada penulisan dasar   kaidah jurnalistik, tanpa mempertimbangkan unsur-unsur terpenting lainnya dalam kaidah penulisan press release. Hal ini harusnya menjadi sebuah kesadaran bahwa seorang PR perusahaan harus mengetahui secara khusus  tentang  komunikasi, serta pentingnya kemampuan dasar dalam
menulis. Saran yang di harapkan, agar setiap PR perusahaan lebih banyak memahami tentang penulisan yang sesuai  dengan  kaidah penulisan press release. Ini yang akan menjadi tolak ukur PR perusahaan mampu dalam memberikan  informasi yang tepat dan bermanfaat sesuai dengan publiknya.


Kata Kunci : Press Release, Solaads

 

Abstract - This research analyzes title of the press release of Government and Private Agencies (Case Study Analysis of the press release in the West Java Provincial Education Department and PT
Axis Telekom Indonesia). This research used a qualitative approach and case study method in the mentioned through Cress well theory in explaining that, A case study is an exploration of a bounded system or a case (or multiple cases) over time through detailed, in depth of data collection involving multiple sources of information rich in context, this according to a study conducted by researchers. Aims to determine how the knowledge of public relations firms in the West Java Provincial Education Department and PT. Axis Telekom Indonesia, in the analysis of press release writing at two companies. Researchers collected data by open-ended interviews, observation, documentation analysis, literature studies, Internet searching, and triangulation. The results showed that the analysis of writing a press release on the two companies by using severalelements in writing a press release, the Advantage, Applications, and Details from the press release that the two companies have created a different understanding based on understanding and usefulness for the purpose in the actual theory . Researcher to conclude that the PR firm understanding in general still rely on the basic rules of journalistic writing, without considering other important elements in the rules of writing a press release. This should be an awareness that a PR company should know specifically about communication, and the importance of basic skills inwriting. Advice that is expected, so that every PR firm grasp more about writing that according to the rules of writing a press release. This will be measured by the PR firm is able to provide useful information appropriate and in accordance with the public.

Keyword: press release, solaads
 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggoro, M Linggar 2008. Teori & Profesi

Kehumasan. Jakarta: Penerbit PT Bumi

Aksara.

Creswell, W John 1998. Qualitative inquiry and

Research design: choosing among

five tradition. London: penerbit SAGE

publications.

Effendy, Onong Uchjana 2011. Ilmu Komunikasi

Teori dan Praktek. Bandung: penerbit PT

Remaja Rosda Karya.

Elvinaro, Ardianto 2011. Handbook of Public

Relations. Bandung: Penerbit Simbiosa

Rekatama Media.

Ghonny, M., Djunaidi & Fauzan, Almanshur2012.

Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta:

Penerbit Ar-Ruzz Media.

Iriantara, Yosal 2005. Community Relations Konsep

& Aplikasinya. Bandung: Penerbit Simbiosa

Rekatama Media.

Jefkins, Frank .2004. Public Relations.

Jakarta: Penerbit Erlangga. Kriyantono,

Rachmat 2008. Public Relations Writing.

Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media

Group.

Moleong, Lexy J 2011. Metodelogi Penelitian

Kualitatif (edisi revisi). Bandung: Penerbit PT

Remaja Rosda Karya.

Nawawi, Hadari & Mimi Martini 2005.

Penelitian Terapan Kualitatif.

Yogyakarta: penerbit: UGM press.

Ruslan, Rosady 2007. Manajemen Public

Relations & Media Komunikasi: konsepsi

& Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Soemirat, Soleh & Elvinaro, Ardianto 2008.

Dasar-Dasar Public Relations. Bandung:

Penerbit PT Remaja Rosda Karya.

Suhadi, Kustandang 2012. Studi dan Penerapan

Public Relations. Bandung: penerbit Nuansa

Cendikia.

Sugiyono 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan

R&D. Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Yin, K., Robert 2013. Studi Kasus Desain & Metode

Edisi Revisi. Terjemahan M.

Djauzi Mudzakir. Jakarta: Penerbit

PT Rajagrapindo Persada.

Sumber Internet

http://www.axisworld.co.id/ (18 juni 2013

jam 09:00)

http://disdik.jabarprov.go.id/index.php?mod

=instansiCari&idMenuKiri=342&idM

enu=&idInstansi=22&act=detil (01 juni

jam 13:00)

http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_2220.ht

ml (05 mei 2013 jam 21:00)

http://repository.fisip-

untirta.ac.id/186/1/SKRIPSI%20KO

M%20AULIA%20RACHMAN%20F

ISIP%20(6662061598).pdf (04 mei

jam : 20.00)

http://komunikazone.com/2013/04/public-

relations-menurut-para-ahli/ (24 Juni

jam :15.00)




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.222

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.222.g193

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836