E-GOVERNMENT: STUDY FENOMENOLOGI RW-NET SEBAGAI PELAYANAN PUBLIK YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL DENGAN OPTIMALISASI FUNGSI E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KOTA BANDUNG
Sari
Abstrak - Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui makna Program RW-Net dalam peningkatan layanan publik yang dapat diterima secara transparan dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Pada pelaksanaanya, RW-Net sebagai sarana dalam menerapkan fungsi dari E-Government di pemerintah kota Bandung sangat diperlukan untuk membantu pelaksanaan pemerintahan. Penelitian ini fokus pada pembahasan tentang makna Program RW-Net dan Pola Layanan Publik dalam Program RW-Net sebagai wujud fungsi E-Government. Hasil penelitian yang diperoleh adalah RW-Net memberikan kemudahan berkomunikasi dan berinteraksi antara warga dengan pemerintah, atau warga dengan warga lainnya. Pemerintah Kota Bandung bisa menyampaikan informasi tanpa perantara yang biasanya memakan waktu. Jika program ini sudah berjalan secara maksimal, maka keterbukan dan akuntabilitas antara pemerintah dengan warga akan sangat terasa, sehingga memudahkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan e-government menghasilkan kedekatan dan interaksi atau keterlibatan masyarakat semakin besar, luas dan cepat. Pola interaksi berubah dari one stop service menjadi non-stop service. Namun, Pola pelayanan dalam RW-Net tergantung dari bagaimana budaya kerja organisasi dan kesiapan teknologi serta sumber daya manusia yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemerintahan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.
Kata Kunci: RW-Net, Pola Layanan Publik, Transparan, Akuntabel.
Abstract - The purpose of the study was to determine the meaning of RW-Net Program in improving services that can be received in a transparent and accountable to the public. In the implementation, RW- Net as a means to implement the function of E-Government in city government is needed to assist the implementation of the government. This research focuses on the discussion of the meaning of RW-Net Programs and Patterns of Public Service in RW-Net program as a form of E-Government. The results obtained are RW Net provides ease of communication and interaction between citizens and government, or people with other people. Bandung City Government can convey information without intermediaries who usually takes. If the program is already running optimally, then openness and accountability between government and citizens will be felt, making it easier for public confidence in the government. The final conclusion is that the development of e-government interactions or generate closeness and greater community involvement, wide and fast. Interaction patterns changed from one stop service to non-stop service. However, the pattern of the RW-Net services depends on how the work culture of the organization and readiness of technology and human resources that could affect the implementation of government transparent and accountable.
Keywords: RW-Net, Patterns Of Public Service, Transparent, Accountable
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Barata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan
Prima. Jakarta: Elex Media. Komputindo.
Batinggi, A.. 2004.Pembangunan Aspek
E-Government di Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan.
Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu
Politik.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Dwiyanto, A.. 2006.Mewujudkan Good
Governance Melalui Pelayanan Publik.
Yogyakarta: UGM-Press
.
Hardjosoekarto, Sudarsono. 1994.Beberapa
Perspektif Pelayanan Prima, Bisnis dan
Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan
Organisasi, Nomor 3/VolumeII/September 1994, Universitas
Indonesia.
Indrajit, ER. 2005.E-Government, In Action.
Yogyakarta: Andi Offset.
Lukman, S.. 2004.Manajemen Kualitas
Pelayanan.Jakarta: LAN.
Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi
PenelitianFenomenologi; Konsepsi,
Pedoman, dan Contoh Penelitiannya.
Bandung: Widya Padjajaran.
Mohamad, Ismail, 2003, Aktualisasi
Pelayanan Prima Dalam Kapasitas PNS
sebagai Abdi Negara dan Abdi
Masyarakat, Makalah, disampaikan
dalam Diskusi Panel Optimalisasi Peran
PNS pada Pelaksanaan Tugas Pokok
sebagai Abdi Negara dan Abdi
Masyarakat, yang diselenggarakan oleh
Unit KORPRI POLRI Pusat, pada
tanggal 23 Oktober 2003, Jakarta.
Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian
Kualitatif: Paradigma Baru Penelitian
Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Prasojo, E.. 2006.Kinerja Pelayanan Publik.
Jakarta: Yappika.
Ratminto & Atik Septi Winarsih.2006. Manajemen Pelayanan.
Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2002.Metode Penelitian
Administrasi.Bandung: Alfa Beta.
Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu
Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan
Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.
Tjokroamidjojo, B.. 2004.Reformasi
Nasional Penyelenggaraan Good
Governance danMewujudkan Masyarakat
Madani. Jakarta: STIA-LAN.
Sumber Lain:
———————, 1995, Kebijaksanaan Pembinaan
Organisasi Publik Pada PJP II, Percikan
Pemikiran Awal, Makalah Pelatihan Analisis
Kebijakan Sosial Angkatan III, Yogyakarta.
————.―Religion without God: Methodological
Agnoticism and the Future of Religious
Studies‖, The Hibbert Lecture, Herriot-Watt
University, 13 April 2003.
————. Expressing the Sacred: An Introduction to
the Phenomenology of Religion. Harare:
University of Zimbabwe, 1992.
Effendi, Sofian, 1993, Strategi Administrasi dan
Pemerataan Akses pada Pelayanan Publik
Indonesia, Laporan Hasil Penelitian, Fisipol
UGM, Yogyakarta.
Fathul Wahid, Kolom Analisis SKH
Kedaulatan Rakyat, 13 April 2012
Makalah tidak diterbitkan. Bastian (2003)
Pengembangan E-Government di Indonesia.
Harian Sinar Harapan.
Mustopadidjaja AR. 2002.Kompetensi Aparatur
Dalam Memikul Tanggung Jawab Otonomi
Daerah Dalam Sistem Administrasi
Negara Kesatuan Republik Indonesia,
Ceramah Perdana Pada Program Magister
Manajemen Pembangunan Daerah,
Kerjasama STIA-LAN, Pemerintah Prov.
Kaltim, dan Universitas Mulawarman, 15
Januari, 2002. Samarinda.
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik
Wallis, W. Allen (eds). International Encylopedia of
Social Sciences, Vol. 11 dan 12. New York:
Macmillan, 1972
Wirausaha: Penerjemah: Abdul Rosyid &
Ramelan. Jakarta: PPM.
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.221
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.221.g192
Index by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License