Komunikasi Persuasif Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester III Periklanan UBSI Pemuda

Widarti Widarti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana dosen dalam Program Periklanan semester III di BSI Pemuda menggunakan komunikasi persuasif untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Melibatkan teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh dosen, hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam penerapannya, serta upaya untuk mengatasinya. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis deskriptif yang meliputi pengumpulan, pengorganisasian, pengelolaan, verifikasi, dan interpretasi data, serta teknik keabsahan data triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen menggunakan berbagai teknik komunikasi persuasif seperti asosiasi, integrasi, reward, setting, dan red-herring untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Kendala dalam pelaksanaannya dapat berasal dari dosen, mahasiswa, atau lingkungan, namun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut telah dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa, seperti dengan memperbanyak diskusi, menggunakan bahasa yang sederhana, atau menjaga ketenangan kelas.


Kata Kunci


Komunikasi Persuasif, Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Devito, Joseph. (2010). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group

Dedy Djamaluddin Malik, dkk. (1994). Komunikasi Persuasif. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Deddy Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Indrito Gito Sudarmo & I Nyoman Sudita. (2000). Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: BPFE.

Jalaluddin Rakhmat. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B., dan Hubberman A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Moekijat. (2003). Teori Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Ngalim Purwanto. M. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Onong U. Effendy. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syaiful Bahri Djamarah, dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Widjaja. H. A. W. (2002). Komunikasi (Komunikasi dan Hubungan Masyarakat). Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (1984). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.21726

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.21726.g6361

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License