REPRESENTASI KAMPUNG SENI DAGO SEBAGAI OBJEK WISATA KOTA BANDUNG
Sari
Keyword: Attractions, Role of Government, The Role of Artists.
Abstrak - Pencitraan Kampung Seni Dago,sebagai pembentukan image positif kepada masyarakat luas dan menarik para wisatawan baik domestic maupun mancanegara untuk kembali mengunjungi kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif. Fokus pada pencitraan Kampung Seni Dago sebagai objek wisata kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan kampong seni Dago. Dimulai dari konsep kampong seni Dago yang didalamnya meliputi makna, manfaat, fungsi dan peran seniman dalam pengembangan pencitraan sebagai objek wisata kampong seni Dago yaitu sosialsasi kampong seni Dago, promosi, program.Peran pemerintah pengembangan objek kampong seni Dago meliputi program, sosialisasi, danpromosi. Berdasarakan hasil dari kesimpulan pertama Kampung Seni Dago sebagai salah satu objek wisata yang kreatif dengan menawarkan beragam seni budaya yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda sekarang, kedua Seniman memberikan peranan yang sangat penting dalam perkembangan kampung seni dago, ketiga Pemerintah ikut serta dalam membangun program sarana dan prasarana untuk menunjang pencitraan kampung seni dago sebagai objek
wisata kota Bandung
Kata Kunci : Objek wisata, Peran Pemerintah, Peran Seniman
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arif, Chirul. 2012., “Jurnal Ilmu
Komunikasi”. Hal-173
Bahari, Nooryan. 2008., “ Kritik Seni ”,
Yogyakarta, : PT Pustaka Pelajar
Danandjaja. 2010., ”Peranan
Humas”,
Yogyakarta, : PT Graha Ilmu.
J. Moleong, Lexy. 2011., “Metode Penelitian
Kualitatif” , Bandung, : PT Remaja Rosdakarya.
Koentjaningrat. 1990., “Pengantar Ilmu
Antropologi”, Jakarta, : PT Rineka Cipta.
Lamb, Wair, McDaniel. 2010.,
“Pemasaran”Jakarta, : PT Salemba Emban Raya.
Nazir, Moh. 2005.,”Metode Penelitian”,
Bogor, : PT Ghalia Indonesia
Pendit, I Nyoman, S. 1994., “Ilmu Pariwisata
Sebuah Pengantar Perdana”,
Jakarta, : PT Paradnya Paramita.
Sugiyono. 2013., “Memahami Penelitian
Kualitatif”, Bandung, : CV Alafabeta
Soemirat, Soleh. 2007., “ Dasar-Dasar Pubulic
Relation “, Bandung, : PT Remaja Rosdakarya.
Artikel :
M. Zamazam. 2009. “Majalah Gong Edisi
Melihat Mural”
Referensi lain:
Hidayat, Dasrun. 2010. Tesis “Fenomena
Relasi Antar Pribadi Orang Tua Karir
& Anak Remaja”. Bandung
:
Universitas Padjajaran.
Web :
http://setyahermawan.blogspot.com di unggah
pada tanggal 20 mei 2013
http://wisnujadmika.wordpress.comdiungga
hpadatanggal 20 mei 2013
http://dgi-indonesia.comdiunggah pada tanggal
mei 2013
http://duniabaca.com/asal-usul-sejarah-kota-
bandung.htmldiunggah pada tanggal 20 mei
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.215
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i2.215.g182
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|