Komunikasi Antarpribadi Perempuan Fatherless Dengan Lawan Jenis

Clara Puspita, Aan Setiadarma

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa diantara seluruh dunia, Indonesia menduduki urutan ketiga sebagai Fatherless countryFatherless itu sendiri merupakan kondisi dimana seorang anak tumbuh tanpa merasakan adanya peran ayah didalam hidup mereka baik fisik maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi antarpribadi dan pola asuh seorang ayah kepada anak perempuannya dalam membentuk pola komunikasi anak perempuan dengan lawan jenis. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan sumber data primer serta sekunder. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode Colaizzi dan Moustakas. Pemilihan informan perempuan Fatherless berusia 21 tahun dilakukan dengan purposive sampling. Hasil dari penelitian menemukan bahwa pola pengasuhan orangtua ayah memiliki peranan terbesar dalam pembentukan karakter anak perempuan dan pengembangan social soft skill sang anak, termasuk komunikasi dengan lawan jenis. Kesimpulan dari penelitian ini ialah pola asuh ayah kepada perempuan fatherless, komunikasi yang tidak efektif antara perempuan fatherless dengan ayah mereka, serta attachment style para perempuan fatherless memberikan sumbangsih yang cukup signifikan terhadap tidak tercapainya keseimbangan komunikasi antara perempuan fatherless dengan pasangan lawan jenis yang menyebabkan perempuan fatherless mengalami disonansi kognitif. Namun ketika berkomunikasi dengan teman lawan jenis perempuan fatherless berhasil memenuhi keseimbangan komunikasi dan mencapai konsistensi kognitif karena adanya pengaruh dari faktor lain, yakni faktor penolakan dan penerimaan sosial.


Kata Kunci


Komunikasi Antarpribadi, Fatherless Behavior, Lawan Jenis, Disonansi Kognitif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, N. (2022). PRESCHOOL: FATHER INVOLVEMENT AS A PARENT FIGURE IN CHILDREN’S COGNITIVE DEVELOPMENT (Vol. 3, Issue 2).

Anam, H. K., Latifah, H. T., Aprilia, H., Retno Wulan, D., Purwanti, S., Daiyah, I., Kartika Wulandari, D., & Daud, I. (2022). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI Meningkatkan Efektivitas Kecakapan Interpersonal dalam bidang Kesehatan. CV. AHBAB PUSTAKA.

Armeini Rangkuti, A., & Hayu Herningtyas, A. (2016). KETERLIBATAN AYAH DAN KECENDERUNGAN MENJADI KORBAN KEKERASAN DALAM KONFLIK BERPACARAN REMAJA PEREMPUAN. 5(1). https://doi.org/10.21009/JPPP

Ashari, Y. (2017). Fatherless in indonesia and its impact on children’s psychological development. www.cyep.org

Baron, R. A., & Branscombe, N. R. (2015). PSIKOLOGI SOSIAL EDISI KETIGA BELAS JILID 1. Erlangga.

Devito, J. A. (2018). Komunikasi ANTARMANUSIA. KARISMA Publishing Group.

Eddles-Hirsch, K. (2015). Phenomenology and educational research. In International Journal of Advanced Research (Vol. 3, Issue 8). http://www.journalijar.com/article/5631/phenomenology-and-educational-research/

Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Jurnal Research Gate, 1–15.

Hidhayanthy, T. (2019). Gambaran Attachment Style pada Perempuan yang Fatherless. Universitas Sumatera Utara.

Nurbani, R. M. (2019). KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DENGAN LAWAN JENIS PADA PEREMPUAN FATHERLESS (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Antarpribadi dengan Lawan Jenis pada Perempuan Fatherless di Kota Medan).

Nurfaidah, F. (2022). KOORDINASI MAKNA PESAN PASANGAN SUAMI-ISTRI YANG MENJALANKAN HUBUNGAN PERNIKAHAN JARAK JAUH (Studi Fenomenologi pada Pasangan yang Menjalankan Hubungan Pernikahan Jarak Jauh di Desa Cianten) [Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta]. http://repository.upnvj.ac.id/id/eprint/20185

Safitri, N. N. (2017). Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless (Studi Fenomenologi Mengenai Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless Dalam Memenuhi Figur Ayah di Kota Bandung) [Universitas Komputer Indonesia]. https://repository.unikom.ac.id/54298/

Setyawan, D. (2017, November 12). Peran Ayah Terkait Pengetahuan dan Pengasuhan dalam Keluarga Sangat Kurang. https://www.kpai.go.id/publikasi/peran-ayah-terkait-pengetahuan-dan-pengasuhan-dalam-keluarga-sangat-kurang

Sinca, D. (2022). SIKAP PEREMPUAN FATHERLESS DALAM MEMILIH CALON PASANGAN HIDUP (Studi Kasus di Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan).

Sundari, A. R., & Hardjani, F. (2013). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK. Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia YAI, 256–271.

Wijayanti, Y. (2013). PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL AYAH DAN ANAK DALAM MENJAGA HUBUNGAN. JURNAL E-KOMUNIKASI , 1(3).

Yuliarti, D. A. (2020). POLA KOMUNIKASI PERSUASIF PEMROSESAN INFORMASI DALAM FENOMENA AKTIVITAS DAKWAH KOMUNITAS TERANG JAKARTA. Engineering, Construction, and Architectural Management, 25(1).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v11i1.21339

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v11i1.21339.g6403

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License