OPTIMALISASI PERAN PUBLIC RELATIONS DI MUSEUM GEOLOGI BANDUNG (PENDEKATAN MANAJEMEN KOMUNIKASI)

Torry Agus Prianto, Titin Suhartini

Sari


Abstract: This research has a purpose to know the communication manajemen process which happen in internal public and to know the Public Relation’s roles in doing their duties. Type of the research are using qualitative approach, critical paradigm, and case study method. There are five informants (sources), include one main informant and four supporting informants. The result of research shows that communication manajemen process in internal public is not running well yet, for example less coordination between employees and their manajer or manajer with their employess, the other problems in public internal is about there are some disturbing things or obstacles in sharing information.

Keywords: Public Relations role and company public internal

 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen komunikasi yang terjadi didalam publik internal dan mengetahui peran PR dalam menjalankan kinerjanya. Tipe penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma kritis, dan metode studi kasus. Informan berjumlah lima orang, dengan satu informan utama dan empat orang informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses manajemen komunikasi didalam publik internal belum berjalan dengan baik, seperti kurangnya koordinasi diantara karyawan dengan atasan atau dari atasan kepada bawahannya, hal lain yang menjadi kendala didalam publik internal adalah adanya gangguan atau halangan dalam penyebarluasan informasi.

Kata kunci: Peran Public Relations dan publik internal perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, Jhon W 2012. Research Design Kualitatif Kuantitatif dan campuran, Yogyakarta: Bagian Penerbit Pustaka Pelajar.

Iriantara, Yosal 2003. Manajemen Strategis Public Relations, Bandung: Bagian Penerbit Ghalia Indonesia.

Kriyantono, Rachmat 2008. Public Relations Writing. Jakarta: Bagian Penerbit PT. Fajar Interpratama.

M.A, Morrisan 2009. Teori Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bagian Penerbit Ghalia Indonesia.

Ruslan, Rosady 2009. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Bagian Penerbit PT. Rajawali Pers.

Soedarsono, Dewi K 2009. Sistem Manajemen Komunikasi, Bandung: Bagian Penerbit Refika Offset.

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro 2012. Dasar-Dasar Public Relations, Bandung: Bagian Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiono 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Bagian Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suhandang, Kustadi 2012. Studi dan penerapan Public Relations, Bandung: Bagian Penerbit Nuansa Cendekia.

Natalia Munthe, 2010. Strategi Personal Selling Dalam Kegiatan Promosi di Bank Victoria Syariah : Universitas BSI Bandung.

Septiani Rahayu, 2010. Image Public Relations Sebagai Ujunng Tombak Pencitraan Perusahaan PT, Pos Indonesia: Universitas BSI Bandung.

Devi Aprianti, 2010 Representasi Keindahan Bangunan Dalam Brosur Cluster Bandung : Universitas BSI Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.202

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.202.g170

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License