KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN SANTRI

Mudzammil Fikri Haqani, Dasrun Hidayat

Sari


Abstract : The focus of this research is the fulfillment of emotional needs of students in the boarding school Baitul Izzah that the majority of his students are still out of educational primary school and still in dire need of attention and affection from their parents and teachers. With the fulfillment of emotional needs, students will reflect a healthy personality. This study used a qualitative approach, case study and critical theory paradigm. The result of this study is a model of emotional fulfillment students, which is Taking Role Model, a model of role-taking in order to grow the concept of self-confident students, Protection of Student Model, a boarding school rules in order to protect students feel comfortable living in the boarding school, Model Environment , an environment and parental involvement in the formation of personality, Model awareness, is the result of the awareness of parents of students personality, and Model of emotional needs which is fulfilling the emotional needs through parent and teacher relationships.

Keywords: Personality, Taking Role Models, Protection of Student Model, Model of Emotional Needs.

 

Abstrak : Fokus penelitian ini adalah metode pemenuhan kebutuhan emosional santri di pondok pesantren Baitul Izzah yang mayoritas santrinya masih mengeyam pendidikan SD dan masih sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang tua dan pengajar mereka. Dengan terpenuhinya kebutuhan emosional, akan tercermin kepribadian santri yang sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dengan paradigma teori kritis. Hasil penelitian ini adalah model pemenuhan kebutuhan emosional santri, yaitu Model Role Taking, merupakan model pengambilan peran agar tumbuh konsep diri santri yang percaya diri, Model Protection of Student, merupakan peraturan pondok pesantren dalam melindungi santri agar merasa nyaman tinggal di pondok pesantren, Model Environment, merupakan keterlibatan lingkungan dan orang tua dalam terbentuknya kepribadian, Model Awareness, merupakan hasil dari kesadaran orang tua terhadap kepribadian santri, dan Model of Emotional Needs yang merupakan pemenuhan kebutuhan emosional melalui hubungan orang tua dan pengajar.

Kata kunci: Kepribadian, Model Role Taking, Model Protection of Student, Model of Emotional Needs


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Buku

Denzin, Norman K dan Lincoln, Yvonna S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, Onong Uchjana. 2011. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyana, Deddy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

West, Richard dan Turner, Lynn H. 2009. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yin, K. Robert. 2014. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf LN, Syamsu. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

B. Sumber Lain

Ahira, Anne. 2013. Pengertian Harmonis dan Kunci Keluarga Harmonis http://www.anneahira.com/

pengertian-harmonis.html

Fleming, Wesley H. 2012. Building the Foundation The Seven Emotional Needs of a Child. http://inspiredrelationshipsblog.wordpress.com/2012/12/16/the-possibility-of-a-safe-and-connected-family-who-is-living-passionately-growing-exponentially-and-healing-hearts/

Pryadha, Ganna. 2010. Demi Masa Depan, Penuhi 7 Kebutuhan Emosional Anak.

http://www.voaislam.com/read/muslimah/2010/07/13/8080/demi-masa-depan-penuhi-7-kebutuhan-emosional-anak/




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.201

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.201.g169



Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License