LINGKUNGAN SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN PSIKOLOGIS ANAK

Raden Nuruliah Kusumasari

Sari


Abstract The development of personality very big influence on attitudes and behavior. However, changes in attitudes and behavior, it can be more specifically seen in children aged 11-15 years. Because when this age, a child has the formal operational stage. Formal operational stage, a period in which a child has begun to high-level thinking, began to escape from the bonds of the old, easy to absorb new things he encountered, try these things and commenting. due to the development of attitudes and behavior in this age very big influence on the development of attitudes and behaviors in adolescence later. The purpose of this study was to determine the shape of a child's social behavior and to determine the factors influencing changes in attitudes and behavior of a child and the relationship with the environment changes in attitudes and behavior of children. This study used a phenomenological method with the subjective approach (qualitative). Data was collected by observation techniques that have been conducted by researchers, in-depth interviews with the informants were interviewed by investigators, and study documentation of the data contained in the resource collection. Results from this study is that it turns out environmental factors, family and school, including the most important factor in changing attitudes and behavior of a child. Age 11-15 years old is the age of the formal operational stage, so it can be seen very clearly a change in attitude and behavior. Age and education, is not a major factor of a child have extensive knowledge, because in fact, a child's 5 th grade, have greater insight because she is in town, while children 1 junior high school have less insight, because of factors limitedness information and technology


Keywords: social environment, child psychology

 

Abstrak : Perkembangan kepribadian sangat berpengaruh besar terhadap sikap dan prilaku seseorang. Namun, perubahan sikap dan perilaku tersebut, dapat lebih spesifik terlihat pada anak usia 11-15 tahun. Karena saat usia inilah, seorang anak mengalami tahap formal operasional. Tahap formal operasional adalah, masa dimana seorang anak sudah mulai mampu berfikir tingkat tinggi, mulai ingin lepas dari ikatan orang tua, mudah menyerap hal-hal yang baru ia temui, mencoba hal-hal tersebut dan mengomentari. karena perkembangan sikap dan perilaku di usia ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan sikap dan perilaku di usia remaja kelak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tingkah laku sosial seorang anak dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan sikap dan perilaku seorang anak serta hubungan lingkungan dengan perubahan sikap dan perilaku anak. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dengan pendekatan subjektif (kualitatif).  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi  yang sudah pernah dilakukan peneliti, wawancara mendalam dengan para nara sumber yang diwawancarai oleh peneliti, dan studi dokumentasi data-data yang terdapat di koleksi para nara sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ternyata Faktor lingkungan,keluarga dan sekolah termasuk faktor yang paling penting dalam perubahan sikap dan perilaku seorang anak. Usia 11-15 tahun merupakan usia tahap formal operasional, sehingga dapat dilihat sangat jelas perubahan sikap dan perilakunya. Usia dan pendidikan, tidak menjadi faktor utama seorang anak memiliki wawasan yang luas, karena pada kenyataannya, seorang anak kelas 5 SD, memiliki wawasan yang lebih luas karena dia berada di lingkungan kota, sedangkan anak 1 SMP memiliki wawasan yang kurang,karena factor keterbatasaan mendapatklan informasi dan teknologi

Kata kunci : lingkungan sosial, psikologi anak


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


LN Yusuf Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nurihsan Juntika. 2007. Buku Materi Pokok Perkembangan Peserta didik. Sekolah Pasca Sarjana (UPI). Bandung.

Santrock, John W. 1995. Life-Span Development, WM, C Brown Comunication Inc. Alih bahasa Achmad Chusairi. 2002. Perkembangan Masa Hidup. Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Suryabrata Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo. Jakarta.

Liliweri, Alo. 2005. Prasangka dan Konflik. LKIS. Yogyakarta.

Sunaryo. 2002. Psikologi untuk Keperawatan. EGC. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.200

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.200.g168

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License