Korelasi Interactive Marketing Dan Personal Selling Terhadap Loyalitas Pelanggan

Rani Rahmayani

Sari


ABSTRAK

Mempertahankan loyalitas pelanggan sekarang ini sangatlah sulit. Setiap tahun rata-rata perusahaan kehilangan 20-40 persen pelanggan karena perusahaan menyediakan pengalaman tidak sesuai dengan harapan pelanggan. Pemanfaatan Teknologi Informasi (IT) terutama dalam teknologi internet menciptakan pelanggan yang lebih banyak menuntut dan mengharapkan suatu nilai. JNE merupakan perusahaan jasa yang serius mengelola hubungannya dengan pelanggan. JNE memfokuskan pada sistem teknologi informasi terintegrasi (My-Orion) sebagai media interactive marketing dan sistem keagenan sebagai media personal selling. Pencapaian JNE terlihat dengan diapresiasinya menjadi salah satu nominasi dalam pengukuran suatu keberhasilan sebuah perusahaan dalam kategori website jasa kurir digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan korelasi interactive marketing dan personal selling terhadap loyalitas pelanggan JNE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian explanatory survey. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) dan penentuan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Analisis data menggunakan analisis jalur berdasarkan pendekatan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interactive marketing, personal selling, dan loyalitas pelanggan saling berhubungan positif dan signifikan. Interactive marketing memiliki pengaruh langsung secara langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Personal selling memiliki pengaruh langsung secara langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci: Interactive Marketing, Personal Selling, Loyalitas Pelanggan.

 ABSTRACT

Maintaining customer loyalty has been is very difficult now a days. Every year,most of companies lose about 20-0 percent of customer because the companies gives unexpected experiences to customers. The usage of Information Technology, mainly internet, has made customers require more and expert value.JNE is a service company which seriously manages its relationwith customers. JNE focuses on integrated information technology system (My-Orion) as an interactive marketing media and agency system as a personal selling media. JNE’s goal is seen by being appreciated and nominated in measuringa success of a company in digital marketing courir service category. The arm of this research is to determine the correlation of interactive marketing and personal selling towards JNE customers loyalty. The method used in this research was explanatory survey. The method of sample collecting was simple random sampling and the numbers of sample was determined using Slovin. Data analysis used path analysis based on SPSS approach. The research result showed that interactie marketing, personal selling, and customer loyalt had positive and significant relation. Interactive marketing had direct impact positively and significant towards customers loyalty. Personal selling had direct impact positively ang significant towards customer loyalty.

 Keywords: Interactive Marketing, Personal Selling, Customer Loyalty.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanti, M. (1999). "Interactive Marketing Sebagai Salah Satu Alternatif Meningkatkan Daya Saing". (2014). Dalam http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/1693/content.pdf?sequence=.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty:Menumbuhkan&Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Irawan, I. (2008). Analisis Tanggapan Konsumen terhadap Program Pemasaran Interaktif Klenger Burger (Studi pada website, blog, friendster Klenger Burger). (2014). Dalam http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CB8QFjAB&url=http%3A%2F%2Flib.ui.ac.id%2Ffile%3Ffile%3Ddigital%2F123082SK001%252008%2520Ira%2520aAnalisis%2520tanggapan%2520%2520Literatur.pdf&ei=KRjuU7P1K8Hc8AWw2YHgDQ&usg=AFQjCNFo.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium 2. Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12 (Bahasa Indonesia ed., Vol. 2). Jakarta:PT Indeks.

Lovelock, H. C., & Wright, L. K. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Manopol, Y. (2011). "JNE Sukses di Kurir, Siap Garap Pasar Logistik". Penerbit: Majalah SWA. Edisi 24 November-7 Desember.

Morrisan, M. (2012). Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rangkuti, F. (2010). Strategi Promosi yang Kreatif&Analisis Kasus integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohendi, Acep. (2014). "Pengaruh Kualitas Pelayanan Bank Syariah Terhadap Nilai, Kepuasan, Serta Loyalitas Nasabah Di Kota Bandung. Penerbit: Jurnal Ecodemica. Volume II No. 2 September.

Sediawan, Ricky. (2015). "Analisis Dalam Menciptakan KUalitas Pelayanan Untuk Mengarah Pada Kepuasan Konsumen". Penerbit: Jurnal Ilmu KOmunikasi (JIKA). Volume II No. 1 April.

Soetojo, J. (2012). Jurus Kilat Mahir Internet:Dari Nol hingga Jago dalam Hitungan Menit. Jakarta: Dunia Komputer.

Wenats, A. E., & Kurniawaty Yusuf, d. (2012). Interagrated Marketing Communications:Komunikasi Pemasaran Di indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wenats, A. E., Yusuf, K., K.Syarief, L., Widjanarko, P., Sudarmanti, R., Suraya, et al. (2012). Interagrated Marketing Communications:Komunikasi Pemasaran Di indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1850

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1850.g1407



Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License