Konstruksi Simbol Pada Aplikasi Bigo Serta Implikasi Sosial Penggunanya
Sari
ABSTRAK
Aplikasi media sosial Bigo telah diminati oleh masyarakat pada berbagai kalangan, baik remaja, dewasa maupun kalangan tua. Dalam penggunaannya lambang komunikasi yang digunakan tidak hanya teks tulis atau bahasa lisan saja, namun juga memakai simbol. Simbol-simbol yang terdapat pada aplikasi Bigo ini juga secara tidak langsung menjadi sistem sosial. Para pengguna tentunya harus memahami simbol-simbol tersebut agar bisa berinteraksi pada Bigo. Penelitian ini berupaya mengungkap makna serta apa yang terdapat dibalik penggunaan simbol tersebut. Pendekatan kualitatif dengan menggunakan semiotika menjadi metode yang digunakan untuk mengungkap makna serta sesuatu dibalik penggunaan simbol tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media sosial Bigo merupakan bagian dari gerakan kapitalisme global yang mendorong masyarakat menjadi konsumtif. Selain itu, aplikasi yang memanfaatkan teknologi internet ini juga menciptakan dunia maya yang simulacra pada kehidupan masyarakat.
Kata kunci: simbol, konstruksi sosial, Bigo.
ABSTRACT
Bigo social media applications has great demand by people in various circles, both teenagers, adults and the elderly. In use the symbol of communication are used not only text written or spoken language, but also the symbol. The symbols contained in the application Bigo is also indirectly into the social system. The user would have to understand the symbols in order to be able to interact in Bigo. This study seeks to reveal the meaning and what lies behind the use of the symbol. A qualitative approach using semiotics to be the method used to reveal the meaning and something behind the use of these symbols. The results showed that social media applications Bigo is part of global capitalism movement that encourages people to be consumptive. In addition, applications that take advantage of Internet technology is also creating a virtual world of simulacra on people's lives.
Keywords: symbol, social construction, Bigo.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Benedikt, M. (1991). Cyberspace: Some Proposals in M. Benedikt, ed. Cyberspace: First Step, MIT Press, Cambridge.
Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Dillon, P.M. D.C. Leonard. (1998). Multimedia and the Web A to Z. Oryx Press, Phoenix.
Denzin, Norman K. (eds). (2000). Handbook of Qualitative Research. Sage Public California.
Irwanto. (2014). Studi Semiotika Sosial Web Komunitas Kaskus Mengenai Kinerja Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Jurnal Komunikasi . Vol 5 No. 1, 16-29.
Mulyana. (2007). Komunikasi suatu pengantar. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Nasrullah, Rulli. (2014). Komunikasi Antarbudaya di Era Budaya Siber. Prenadamedia Group. Jakarta.
Noth, Winfried. (1990). Handbook of Semiotics. Indiana University Press. USA-Indiana.
Severin Werner J, Tankard James W, JR. (2008). Teori Komunikasi. Kencana, Jakarta.
Sobur, Alex. (2001). Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. (2011). Semiotika Komunikasi. Mitra Wacana Media. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1791
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1791.g1441
Index by: | ||
E-ISSN: 2549-3299 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|