Manajemen Kampanye Pencegahan Eksploitasi Seksual Komersial Anak Oleh “Kompak” Jakarta

Aries Buana, Hanny Hafiar, Anwar Sani

Sari


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kampanye pencegahan Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA) oleh KOMPAK di DKI Jakarta. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan studi deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dan studi literatur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa : proses perencanaan umumnya sudah sesuai, namun ada beberapa elemen yang perlu ditingkatkan seperti penentuan tujuan masih belum berdasarkan skala prioritas, identifikasi sasaran hanya berdasarkan asumsi dan mengandalkan link, penentuan strategi & taktik belum komprehensif dan matang, alokasi waktu belum memiliki pertimbangan yang jelas, dan evaluasi perencanaan luput dalam tahapan ini. Proses pelaksanaan dimulai dengan realisasi unsur kampanye, kenyatannya masih banyak pelaku yang belum menjadikan kegiatan ini prioritasnya, pelatihan kampanye belum mengacu pada setiap tugas divisi yang ada, pesan pada setiap khalayak sama dan tidak dibedakan, komunikator dan saluran dipertimbangkan sesuai kebutuhan namun kurang efektif karena tidak diperhitungkan dengan baik, implementasi masih mundur dari timeline seharusnya. Proses evaluasi menggunakan metode evaluasi yang belum tepat dan sesuai dengan rencana. Hal tersebut berdampak pada efek yang ditimbulkan kurang optimal.

 

Kata kunci: Manajemen, Kampanye, Komunitas, Deskriptif, Kualitatif.

 

ABSTRACT

The research aims to determine the planning, actuating, and evaluating process of this campaign by KOMPAK in DKI Jakarta. The methodology used in this research is qualitative with descriptive study. Data of the research was collected with some observations, structural interviews, and study of literature. The results of the study explained that: the planning process generally appropriate, but there are some elements that need to be improved as the goal-setting is still not based on priorities, target identification based only on assumptions and relying on the link, the determination of strategies and tactics have not been comprehensive and detail, time allocation yet have clear consideration and planning evaluation spared in this stage. The implementation process begins with the realization of the elements of the campaign, the facts are there are many campaigners who have not make this event their priority, a training campaign has not been based on each task divisions, a message on each audience are alike and not differentiated, communicators and channel considered as necessary but less effective because it it is not taken into account properly, the implementation timeline is still delayed. The evaluation process does not use proper evaluation method and not according to plan. So that,  It has less impact.

 

Keywords: Management, Campaign, Community, Descriptive, Qualitative


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atkin, C.K & Rice, R.E. (2001). Public Communication Campaign. Sage.

Atkin, C.K. & Rice,R.E. (2012). Theory and Principles and Public Communication Campaigns. In R.E. Rice & C. K. Atkin (Eds.), Public Communication Campaigns (4th ed., Chapter 1, pp 3-19). Thousand Oaks, CA : Sage.

Atkin, C.K & Rice,R.E. (2013). Advances in Public Communication Campaigns. In E.Scharrer (Ed.), The International Encyclopedia of Media Studies : Vol 5. Media Effects/Media Psychology (pp. 526-551). London, UK: Wiley–Blackwell.

Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Ife, J dkk. (2008). Community Development.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Iriantara, Y. (2010). Community Relations.Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Koalisi Nasional Penghapusan Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ECPAT affiliate group in Indonesia. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia.

Luttrell, R. (2015). Social Media (How to Engage, Share, and Connect). London: Rowman & Littlefield.

Moleong, L. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhadjir, N. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian.Bogor : Ghalia Indonesia.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Setyawan, D. (2014). www.kpai.go.id. (5 Desember 2015). (http://www.kpai.go.id/artikel/temuan-dan-rekomendasi-kpai-tentang-perlindungan-anak-di-bidang-perdagangan-anak-trafficking-dan-eksploitasi-terhadap-anak/)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Venus, A. (2012). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1788

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1788.g1398



Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License