Pengaruh Iklan Politik Terhadap Keputusan Memilih Mahasiswa Prodi Periklanan Universitas Bina Sarana Informatika

Jusuf Fadilah, Dina Andriana, Widarti Widarti

Sari


Iklan politik disebut juga sebagai salah satu bentuk komunikasi politik yang penting dengan kualitas jurnalistik yang menampilkan situasi dan kondisi secara langsung sehingga diharapkan mampu menawarkan fakta yang jelas tentang bagaimana partai politik atau kandidat menunjukkan dirinya di depan khalayak pemilih. Media memiliki kemampuan untuk membuat seseorang cemerlang dalam karier politiknya. Apakah media mampu menjadikan mahasiswa menetukan sikap atau sebuah keputusan kedepannya untuk ikut berpartisippasi dalam pemilu. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya partisipasi khalayak dalam menetukan pemimpin kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh iklan politik terhadap keputusan memilih mahasiswa Prodi Periklanan Universitas Bina Sarana Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik pengolahan data kuantitatif yaitu melalui penyebaran kuesionerdan diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara iklan politik dan keputusan memilih mahasiswa Prodi Periklanan Universitas Bina Sarana Informatika. Dibuktikan dengan hasil hipotesis yang menyatakan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel.


Kata Kunci


Ilmu Komunikasi, Komunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Anwar, 2015, Perspektif Ilmu Politik, PT. Rajagrafindo, Jakarta.

Arikunto, Surahsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik., PT Rineka Cipta, Jakarta.

Budianto, Heri, 2013, Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan Kencana, Jakarta.

Fahmi, Irham, 2016, Teori dan Praktik Pengambilan Keputusan, Rajagrafindo, Jakarta.

Iskandar. 2008, Metologi Penelitian dan Pendidikan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Gaung Persada Pers, Jakarta.

Kasali, Rhenald, 2007, Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasi di Indonesia, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Prayitno, Duwi, 2012, Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS dan Prediksi Pertanyaan Pendadaran Skripsi dan Tesis, Gaya Media, Yogyakarta.

Sofiah. 2007. Kampanye Politik dan Perilaku Pemilih (Studi Tentang Peranan Terpaan Kampnye Pemilu Melalui Media Televisi dalam Membentuk Perilaku Pemilih di Surakarta)”. Jurnal Dinamika vol. 5 No. 1 halaman 18.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sumarno, AP.2010, Dimensi-dimensi Komunikasi Politik, Citraaditya Bakti, Bandung.

Tarigan, Tanisa. 2018. Iklan Politik Dan Keputusan Memilih (Studi Korelasi Pengaruh Iklan Politik Terhadap Pilihan Masyarakat Desa Sukarende Kecamatan Kutalimbaru).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.16128

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.16128.g6033

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License