Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Pandemi Pada Akun @pandemictalks

Arrum Dara Efda, Ilham Setyawan, Feri Johansah

Sari


ABSTRAK

Meningkatnya pengguna internet dan media sosial di Indonesia terutama Instagram yang menduduki peringkat kedua setelah Whastapp menjadi wadah yang bisa dimanfaatkan konten kreator untuk memberikan informasi seputar pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial Instagram sebagai informasi pandemi pada akun @pandemictalks sebagai media informasi kesehatan dengan menggunakan teori kekayaan media (Media Richness Theory) yang memiliki empat kriteria yaitu keragaman isyarat  informasi, kesegeraan informasi, variasi bahasa informasi, dan sumber personal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian bahwa akun Instagram @pandemictalks mampu memanfaatkan Instagram sebagai media informasi pandemi sesuai dengan empat kriteria yang ada dalam teori kekayaan media.


Kata Kunci


Instagram, Media Sosial, Media Richness Theory, Pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Data Reportal. (2022). Data Reportal.

Harahap,IM. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 7(2), 13–23.

Kompas.com. (2022). Jumlah Penduduk Indonesia 2022.

M Ivan Mahdi. (2022). Penggunan Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022 . Media Indonesia.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, & Johnnya Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis (Helen Salmon, Ed.; 3rd ed.). SAGE Publication.

Mochammad Surjo Koentjoro. (2020). Teori Kekayaan Media dan Teori Komunikasi Dua Tahap Pada Akun Resmi Instagram Perusahaan Properti Analisa Konten Akun Resmi Instagram BSD City. 23–29.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS).

Prasant, Ditha. (2018). Hambatan Komunikasi Dalam Promosi Kesehatan Program Keluarga Berencana (Kb) Iud Di Bandung. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik Vol. 22 No.1

Prihatiningsih, W. (2017). Motif penggunaan media sosial instagram di kalangan remaja. Communication, 8(1), 51–65.

R. Wayne Pace, R. Wayne Pace, Deddy Mulyana, Engkus Kuswarno, & Gembirasari. (2006). Komunikasi organisasi:Strategi meningkatkan kinerja perusahaan.Remaja Rosdakarya.

Rizki Saga Putra, Irwansyah (2020), Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien,Studi Media Richness Theory Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Di Masa Pandemi. Global Komunika, Vol. 1, No 2.

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 16(2).

Sugeng Pujileksono. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Intrans Publishing.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Res. Dev. D, 2015, 39–41.

Veissi, I. (2017). Influencer marketing on Instagram.

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan medias osial (communications and social media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.15733

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i1.15733.g6005

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License