Strategi Komunikai Mamak Pusako dalam Sosialisasi Arisan Pusako dan Sumando di Kampung Sungai Rantai Nagari Sungai Sirah Kec. Sungai Geringging

Ayu Lastri Murni, Muhamad Fajri

Sari


Penelitian ini berfokus pada strategi komunikasi mamak pusako dalam sosialisasi arisan pusako dan sumando di kampung sungai rantai nagari sungai sirah kuranji hulu kecamatan sungai geringging. Kampung Sungai Rantai merupakan Masyarakat kampung Sungai Rantai pada umumnya memiliki profesi sebagai petani atau pekebun, karena banyaknya peninggalan lahan di daerah tersebut. Untuk mengelola lahan yang ada, tentunya masyarakat membutuhkan bibit, pupuk dan alat pertanian lainnya untuk menjalankan perekonomian masyarakat setempat serta membentuk kelompok tani.  Riset ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan menggambarkan peristiwa di lapangan. Melihat hasil penyelidikan tersebut, peneliti menemukan prosedur korespondensi yang digunakan Mamak Pusako dalam melakukan sosialisasi menggunakan lima tahapan komunikasi meliputi: Awareness, Interest, Desire, Desicion, dan Action. Dalam pengaaplikasiannya, lima tahapan yang digunakan berhasil merangkul masyarakat untuk ikut serta dalam Arisan Pusako dan Sumando tersebut, dan juga didorong oleh beberapa faktor pendukung yang telah dihasilkan dari Arisan Pusako dan Sumado tersebut.


Kata Kunci


Strategi, Komunikasi, Arisan, Sosialisasi, Mamak Pusako dan Urang Sumando

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, Dwi Putri Robiatul A, dan Moch. Choirul Arif. “Strategi Komunikasi Pemerintahan Kabupaten Sampang dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah.” Jurnal Komunikasi Vol. 15 No (2021).

Antonio, Syafi’i. Bank Syari’ah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Cangara, Hafied. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2017.

Cardona, David. Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Penataan Perdagangan Kaki Lima. Surabaya: Sucofindo Media Pustaka, 2020.

Dkk, Juliani. “Korelasi Komunikasi Pemasaran Dengan Kepuasan Konsumen Yens Delight Resto Di Samarinda.” eJournal ilmu Komunikasi Vol. 8, No (2020).

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Fajri, Muhamad, dan Reskika Putri Pasund. “Strategi Komunikasi dan Konstruksi Sosial Forum Anak Kota Solok: Sebuah Upaya Perlindungan Anak dari Rokok” Vol. 01, N (2022).

Iskandarwassid. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.

Poetra, Reza Riesnanda. “Model AIDA: Pola Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Kepuasan Penjualan di Toko Online Goldies Hijab.” Jurnal Komunikasi Profesional Vol. 1, No (2017).

“Seiring dengan Waktu, Arisan Menjadi Budaya Pop di Indinesia.” Kompas.com, 2013.

Siahaan, Febrina M I. Modul Pelatihan: Elemen Tahapan Strategi Komunikasi & Bauran Komunikasi. Amerika: USAID, n.d.

Sisvianda, Devina Kristie. “Strategi Komunikasi Pendamping PNPM-MPD dalam Upaya Pemberian Pemahaman Program Kepada Masyarakat.” Jurnal Penelitian, 2013.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi, 2000.

Wahyudi, Agustinus Sri. Manajemen Strategi. Jakarta: Binarupa Aksara, 1996.

Zainal, Anna Gustina, dan Yuni Septi. “Strategi Komunikasi Oleh Brand Presenter Dalam Memasarkan Produk Kepada Konsumen.” Meta Communication; Journal Of Communication Studies Vol. 2, No (2017).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.15724

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v10i2.15724.g6302

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License