REPRESENTASI TEKS PEMBERITAAN NORA ALEXANDRA DI DETIK.COM

Sandra Olifia, Achmad Budiman Sudarsono, Endang Purwanti

Sari


Tayangan pemberitaan dengan unsur seksisme, diskriminatif, pelecehan dan pencemaran nama baik memanglah menjadi news value tersendiri bagi beberapa media. Salah satunya yaitu media online detik.com yang memberitakan terkait pandangan netizen terhadap perempuan Nora Alexandra yang direpresentasikan kedalam suatu teks dengan steorotip atau ideologi masing-masing individu. Kajian politik media untuk memperkuat news value berita yang diproduksi dapat terletak dalam penggunaanstruktur kalimat dan kata yang di tonjol untuk memproduksi pesan. Landasan teori yang digunakan adalah teori feminisme yang memposisikan letak perempuan dalam hal ini selalu dijadikan objektifikasi untuk direpresentasikan dan memuaskan argumentasi masing-masing individu. Untuk itu perempuan dalam feminisme adalah perempuan yang digambarkan sesuai dengan faktor lingkungan sosialnya. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis karena mengkritik gagasan ideologi dalam studi isi teks media. Pendekatan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah analisis wacana kritis Sara Mills, dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan. Subjek penelitian ini adalah tiga berita. Hasil penelitian yang didapatkan peneliti menunjukan bahwa ditemukan produksi teks pemberitaan dengan pemilihan kata dan kalimat yang menonjol, hingga mengandung unsur patriarki dan feminisme untuk mendeskripsikan perempuan Nora Alexandra di media onlien detik.com. sehingga dalam kasus tersebut pembaca teks akan mengikuti alur pencerita pada teks yang di produksi. Pemberitaan detik.com dapat dikatakan menggunakan kesempatan unsur seks pada pemberitaan tersebut karena seksualisme memiliki news value yang cukup tinggi untuk menarik pembaca yang tinggi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar. 2018. 4 Pilar Jurnalistik Edisi Pertama. Rawamangun Jakarta: Prenadamedia Group

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Mills, Sara. 2007. Diskursu Sebuah Piranti Analisis Dalam Kajian Ilmu Sosial. Jakarta pusat: Penerbit Qalam.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandug: PT. Remaja Rosdakarya

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Rawamangun Jakarta: Prenadamedia Group

Mulyana, Deddy. 2016. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Nurhadi dan Zikri Fachrul. 2017. Teori KomunikasiKontemporer. Depok: KENCANA Rosyada, Dede. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: KENCANA

Vera, Nawiroh. 2020. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia

Sumber lain (Jurnal)

Abdullah, Siti Nur A. (2019). Analisis Wacana Sara Mills Tentang Kekerasan Perempuan dalam Rumah Tangga Studi Terhadap Pemberitaan Media Kumparan. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(2), 102-118.

Afrinaldi, & Huda, A. & Kurniadi Denny. (2015). Aplikasi Mobile Portal Berita Ganto.Or.Id Berbasis Android periode januari-juni 2015. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 3(1), 40-49.

Afriliani, U.M. (2019). Pemberitaan Kasus Prostitusi Online Vanessa Angel di Media Makassar.tribunnews.com. Journal of Communication, 7(4), 190-201

Akbar, D.D. & Abidin, S. (2021). Analisis Wacana Sara Mills Pemberitaan Blaming Victim Perempuan Korban Perkosaan Pada Okezone.com. Jurnal Ilmiah, 2(2), 16-25.

Hidayati, Nuril, (2018). Teori Feminisme: Sejarah, Perkembangan dan Relevansinya dengan

kajian keislaman Kontenporer. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 14(1), 21-29.

Irianti, Een. & Adesari, Tania. (2019). Representasi Perempuan dalam Persfektif Gender (Analisis Wacana Kritis Van Dijk Pada Pemberitaan Kasus Hoaks Ratna S, Paet dalam Media Massa Republik dan Kompas.com Oktober 2019). Journal of Scientific Communication, 1(2), 65 - 73.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12931

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12931.g5446

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License