CITRA TUBUH PEREMPUAN DALAM FOTO PADA INTSAGRAM APELGEDE SEBAGAI SARANA SATIRE

Christopher Yudha Erlangga, Mirza Ronda, Hayu Lusianawati

Sari


Bagaimana Citra tubuh perempuan dalam foto pada Instagram Apelgede sebagai  sarana satire. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut lagi makna satire yang tersirat didalamnya karya fotografi. Satire yang sudah sering dijumpai pada kalimat verbal dan non verbal. Hal ini temukan dalam sebuah karya fotografi yang mengandung makna satire. Sebelum mengetahui makna satire penulis menggunakan semiotik Roland Barthes sebagai metode dan teori Representasi yang telah di kontruksi menjadi Citra dalam penelitian ini. Penulis tertarik meneliti karya fotografi milik Yudha Gunawan pemilik akun Social Media Instagram dikarenakan adanya indikasi makna satire yang terkandung dalam karya fotografi tersebut. 

Peneliti mengumpulkan informasi-informasi yang penting yang terkait dengan masalah penelitian, dan selanjutnya mengelompokkan data tersebut sesuai dengan topik masalahnya. Peneliti memilih Foto yang mengandung makna satire lalu diteliti bagaimana makna satire terkandung dari citra tubuh perempuan pada karya fotografi. 

Berdasarkan uraian dan hasil penelitian Dapat diambil kesimpulan bahwa Karya seni fotografi mampu menampilkan citra tubuh perempuan dalam bentuk satire dengan menggunakan teknik digital image processing, unsur pose talent dan komposisi fotografi yang bisa di teliti menggunakan Semiotika Roland Barthes.


Kata Kunci


Semiotika

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v9i1.12436

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License