KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA MASSA PADA IKLAN LUX VERSI “BOTANICALS ALL-IN-ONE MAGICAL”

siti qonaah qonaah, AZWAR MUNANJAR MUNANJAR

Sari


Penelitian ini membahas tentang bagaimana  konsruksi Sosial Media Massa pada  Iklan Lux versi “Botanical All in one magical”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konstruksi Sosial Media Massa pada Iklan Lux versi Botanical All in one magical terhadap perempuan Indonesia. Paradigma yang digunakan  adalah konstruktivisme dan metode penelitian kualitatif, Analisa data yang digunakan analisa framing dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder.  Data primer yaitu data tekstual Pada  Iklan Lux Versi “Botanicals All-In-One Magical” dan data sekunder berupa buku referensi. Hasil  penelitian menunjukkan iklan Lux versi “Botanical All in one magical” yang di televisi  merupakan salah satu tayangan di media massa yang dapat  mengkonstruksi sebuah gaya hidup karena Iklan Lux versi “Botanical All in one magical” dapat mempengaruhi persepsi khalayak.

Kata Kunci: Konstruksi Sosial Media Massa, Iklan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, B. (2007). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat (p. 202.). kencana.

Burhan, B. (2001). Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik, Masyarakat, Kebudayaan dan Politik,. Maryarakat Kebidayaan Dan Politik, XIV, 51. www.journal.unair.ac.id/filerPDF/05-Burhan-Bungin.pdf%0D

Eriyanto. (2007). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. LKIS.

Halik, A. (2013). komunikasi massa. sumber UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR.

https://www.lux.com/. (2020). magical-orchid. Https://Www.Lux.Com. https://www.lux.com/id/products/sabun-cair/magical-orchid.html

https://www.lux.com. (2020). brand-story.html. https://www.lux.com/id/brand-story.html

https://www.romelteamedia.com/. (2014). media-massa-pengertian-dan-jenis. https://www.romelteamedia.com/2014/04/media-massa-pengertian-dan-jenis.html

Karman. (2015). Konstruksi Relaitas Sosail Sebagai Gerakan pemikiran (Sebuah Telaah Teoritis Terhadap Konstruksi Realitas Peter L, Berger. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komununikasi Dan Informatika, 5.

Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. (1st ed.). ombak.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising. kencana.

Morrison. (2005). Media penyiaran, strategi mengelola radio dan televisi. Ramdina Perkasa.

Stephen W little Jhon. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. kencana.

Sutedjo, H. (1996). Penyusunan Pesan, Makalah Pendidikan Creative dan Account ,.

Sutisno P.C.S. (1993). Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. PT Grasindo.

SYATA, N. (2012). MAKNA CANTIK DI KALANGAN MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF FENOMENOLOGI [UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR]. https://core.ac.uk/download/pdf/25486887.pdf

Tempo. (1984). Iklan Indonesia 100 tahun yang lalu. Tenpo.

Yuliano. (2007). Pesona Barat: Analisa Kritis-Historis Tentang Kesadaran Warna Kulit di Indonesia. Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v8i2.10622

##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Index by:


E-ISSN2549-3299

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License