Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Kampanye Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19

Ita Suryani, Akhmad Zulfikri, Wulan Muhariani

Sari


Tik Tok suatu aplikasi yang saat ini digunakan oleh kalangan anak muda zaman sekarang dan digemari di dunia. Tik Tok bisa dengan mudah membuat video dengan lama tayang selama 15 detik, bisa disisipkan musik, filter, dan termasuk fitur-fitur kreatif dengan mensisipakn special effects yang menarik sehingga penggunanya bisa beraktifitas dengan beragam gaya yang menarik. Pengguna yang beraktifitas di TikTok terdorong untuk lebih menjadi content creator. Ketika semua orang tidak dapat bertemu karena adanya larangan untuk berkumpul pada masa pandemic covid-19, maka aplikasi Tik Tok menjadi cara untuk digunakan dalam mengkampanyekan akan penting di rumah saja dan selalu menerapakan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana aplikasi Tik Tok digunakan sebagai media kampanye untuk mencegah penyebaran covid-19. Penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus dimana penelitian yang mendapatkan data dari berbagai sumber data dan dengan berbagai alat untuk pengumpulan data. Hasil penelitiannya adalah kampanye pencegahan penyebaran covid-19 dengan memanfaatkan Tik Tok Menjadi media yang efektif dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat akan pentingnya di rumah saja dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) hal ini terlihat dengan banyaknya kalangan masyarakat yang bergabung dalam aplikasi Tik Tok untuk kampanye #SamaSamaDirumah dan #PahlawanGardaDepan.

Kata Kunci


Media Sosial, Tik Tok, Kampanye, Covid-19

Teks Lengkap:

XML PDF

Referensi


Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Bahtiar, H., Ariyanti, M., & Supriyadi, S. (2021). Promosi Kesehatan Tentang Covid-19, Pencegahan Dan Penanganan Hipertensi Pada Lansia. Jurnal Lentera, 1(1), 74–80. http://journal.stikesyarsimataram.ac.id/index.php/lentera/article/view/89

Iswah, D. (2011). Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter. Mediakita.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Mufarida, B. (2021). Update Corona 20 Januari 2021: Positif 939.948 Orang, 763.703 Sembuh dan 26.857 Meninggal. Okezone.Com, Nasional.

Nurdin, N. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. PT Rajagrafindo Persada.

Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. LKIS Pelangi Aksara.

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.

Bahtiar, H., Ariyanti, M., & Supriyadi, S. (2021). Promosi Kesehatan Tentang Covid-19, Pencegahan Dan Penanganan Hipertensi Pada Lansia. Jurnal Lentera, 1(1), 74–80. http://journal.stikesyarsimataram.ac.id/index.php/lentera/article/view/89

Iswah, D. (2011). Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter. Mediakita.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kriyantono, R. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Mufarida, B. (2021). Update Corona 20 Januari 2021: Positif 939.948 Orang, 763.703 Sembuh dan 26.857 Meninggal. Okezone.Com, Nasional.

Nurdin, N. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. PT Rajagrafindo Persada.

Pawito, P. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. LKIS Pelangi Aksara.

Riese, M., Pennisi, L. A., & Major, A. L. (2010). Using social media to market yourself. Communities & Leadership Small Business/Entrepreneurship, 108(5), 33. https://extensionpublications.unl.edu/assets/pdf/g2029.pdf

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation (1st ed.). Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id/produk/kiat-dan-strategi-kampanye-public-relation/

Suryani, I., Sagiyanto, A., & Supriyanto, I. (2020). Kampanye Komunikasi Viral Bu Tejo Sebagai Endorser Brand Produk Kacang Garuda Koro PT Garudafood. Journal Komunikasi, 1(2), 170–179. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/8987

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media.

Wijayanto, F. (2012). Social Media: Definisi, Fungsi, Karakteristik. Prezi. https://prezi.com/vddmcub_-ss_/social-media-definisi-fungsi-karakteristik/?fallback=1

Yehezkiel Sitinjak. (2020, October). Relevan dan Menyenangkan, TikTok Tumbuh di Masa Covid-19. Theiconomics.Com.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v8i1.10542

Index by:

   
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License