Perancangan dan Pembuatan Alat Scanner 3D Menggunakan Sensor Kinect Xbox 360

Arif Armansyah, Syarif Hidayatulloh, Asti Herliana

Abstract


Abstrak
Scanner 3D adalah teknologi yang digunakan untuk memindai objek nyata untuk mendapatkan bentuk, ukuran dan fitur lainnya agar menghasilkan gambar yang sangat akurat. Dalam perancangan alat scanner 3D sebelumnya, yaitu scanner 3D menggunakan sensor ultrasonik, infra merah, dan line laser. Maka dapat disimpulkan terdapat beberapa kekurangan yaitu masih terbatasnya objek yang di scan serta hasil scan yang belum akurat karena hanya menghasilkan garis-garis yang membentuk objek. Pada penelitian ini, penulis membuat scanner 3D dengan hasil akurasi yang tinggi. Scanner 3D yang dibuat adalah menggunakan sensor Kinect xbox 360. Cara kerja dari kinect yaitu dengan menggabungkan antara beberapa kamera, Color Cimos (VNA38209015) kamera ini berfungsi membantu dalam pengenalan objek dan fitur deteksi lainnya, serta kamera IR CMOS (VCA379C7130), dan IR Projector (OG12) yaitu sebagai depth sensor atau sensor kedalaman yang merupakan sebuah proyektor infrared dan sebuah sensor monochrome CMOS yang bekerja secara bersama-sama untuk melihat ruangan atau area dalam bentuk 3D tanpa memperdulikan kondisi cahaya. Untuk mengolah serta menampilkan hasil dari objek yang sudah di scan menggunakan aplikasi KScan3D. Kemudian untuk koneksi antara PC dengan media penggerak menggunakan Bluetooth HC-06. Setelah dilakukan pengujian didapatkan model gambar 3D dengan dengan hasil akurasi yang cukup tinggi.

Kata Kunci: Bluetooth HC-06, Infra Merah, Line Laser, Kinect, KScan3D, Scanner 3D, Ultrasonik

Abstract
Scanner 3D is the technology used to scan real objects to get the form, size and other features in order to produce pictures that are very accurate. In the design of the appliance scanner 3D previously, namely scanner 3D using the ultrasonic sensor, infrared and laser line. It can be concluded there are some disadvantages that is still limited objects in the scan and the scans are not accurate because only produces lines that formed the object. In this research, author make scanner 3D with high accuracy results. Scanner 3D is made using the XBOX 360 Kinect sensor. How to work from kinect namely with combining between some camera, Color Cimos (VNA38209015) this camera work help in the introduction of objects and other detection feature and IR camera CMOS (VCA379C7130), and IR Projector (OG12) as depth censorship or the depth sensor is a projector infrared and a monochrome sensor CMOS working together to see the room or area in the form of 3D without neglecting the light conditions. To process and display the results from the object that is already in the scan using KScan3D application Then to the connection between the PC with media drives using Bluetooth HC-06. After the test is done obtained the model picture 3D with the results of the accuracy high enough.

Key Word: Bluetooth HC-06, Infra Merah , Line Laser, Kinect, KScan3D, Scanner 3D, Ultrasonik

Keywords


Bluetooth HC-06, Infra Merah, Line Laser, Kinect, KScan3D, Scanner 3D, Ultrasonik

References


mora, R. (2016, Desember 13). Kegunaan Bahan Acrylic. Retrieved from Kaskus: https://www.kaskus.co.id/thread/584fc3b6dcd770fc0a8b456a/kegunaan-bahan-acrylic/

Ayu, T. (2015, April 18). Mengenal Kinect X Box. Retrieved from Mengenal Kinect X Box: http://triasayu.web.ugm.ac.id/2015/04/18/mengenal-kinect-x-box/

Junaidi, E., Waslaluddin, & Hasanah, L. (2015). Rancang Bangun Scanner 3D Menggunakan Sensor Ultrasonik Dengan Tampilan Realtime Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Online Fisika, 1-10.

Lee, k., & Hoon, Y. (2016). Low-Cost Three-Dimensional Scanners Using Line-Laser and Maker Recognition for Rotation Angles. International Journal of Applied Engineering Research ISSN 0973-4562 Volume 11, 8234-8237.

Nair, A., & Thomas, R. M. (2016). Infrared sensor based 3D image construction. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET), 2420-2424.

Nebath, E. (2014). Rancang Bangun Alat Pengukur Gas Berbahaya CO dan CO2 di Lingkungan Industri. E-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer UNSRAT, 65-72.

Onny. (2012, mei 31). Pengertian Bearing. Retrieved from artikel-teknologi.com: http://artikel-teknologi.com/bearing/

Purnama, A. (2012, Juli 4). Retrieved from elektronika-dasar.web.id: http://elektronika-dasar.web.id/prinsip-kerja-motor-dc/

Setiawan, E. T. (2015). PENGENDALIAN LAMPU RUMAH BERBASIS MIKRONTROLER ARDUINO MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID. Jurnal TI-Atma STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 1-8.

Tarihoran, P. (2013). Sejarah Scanner. Computer Science.

Wanangsyah, W., Wurijanto, T., & Sutanto, T. (2014). Aplikasi Virtual Punch Training Menggunakan Microsoft Xbox Kinect. JSIKA Vol. 3, No. 1, 94-101.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v5i1.2443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License