Implementasi QR-Code pada Aplikasi E-Market Mandiri untuk Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Android

Desi Ramayanti, Wawan Gunawan, Imam Ibnu Faishal

Sari


Aplikasi E-Market mandiri merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat ketika akan melakukan transaksi pembelian pada toko yang terdapat pada lokasi sekitar. Pemberdayaan ekonomi masyarakat diharapkan dapat terwujud dengan adanya inovasi implementasi aplikasi tersebut. Aplikasi E-Market dirancang dengan konsep user friendly sehingga akan memberikan kemudahan kepada pengguna ketika akan menggunakan aplikasi. Karena konsep tersebut maka aplikasi dibuat dengan berbasis mobile smartphone yang pada umumnya setiap saat digunakan oleh masyarakat dengan menggunakan teknologi QR-Code. Aplikasi dibuat dengan menggunakan konsep client-server sehingga setiap data yang terkirim akan disimpan pada database untuk keperluan pencatatan atau riwayat pada setiap transaksi pembelian. Sebanyak 90% mengalami peningkatan penjualan yang signifikan dan sebanyak 90% berhasil mempromosikan produk yang dijualnya dan juga sebanyak 94,4% responden memberikan penilaian yang sangat baik untuk hasil penjualan menggunakan aplikasi e-market mandiri.


Kata Kunci


e-market, user friendly, UML, QR-Code

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmed, B., & Al-qaraawi, S. (2019). Design and Implementation of e-Shopping System Using QR Code and Smart Mobile Phone. Iraqi Journal of Computer, Communication, Control and System Engineering, 19(3), 56–64. https://doi.org/10.33103/uot.ijccce.19.3.6

Darussalam, J. S. (2018). Strategi Warung Tradisional Dalam Menghadapi Ekspansi Minimarket Modern Di Banjarmasin. 2(2), 25–52.

Gunawan, W. (2019). ERP System As A Inventory Control And Waste Elimination (Pt Vif Case Study). International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 67(7), 8–13.

Islam, A., Sharmin, M., & Sakib, N. (2019). A Study on Multiple Barcode Detection from an Image in Business System. International Journal of Computer Applications, 181(37), 30–37. https://doi.org/10.5120/ijca2019918340

Kodong, F. R., Kaswidjanti, W., & Setiyawan, A. (2012). MODEL APLIKASI E-MARKET SEBAGAI SARANA PROMOSI DAN TUKAR MENUKAR INFORMASI. Telematika, 8(2), 75–84.

Made, I. D., Santosa, C., Luh, N., Norma, P., Abdi, D., Suprapto, P. A., Luh, N., Kartika, A., & Sarja, Y. (2020). Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Diversifikasi Produk Untuk Keberlangsungan Usaha Telur Asin. 1(4), 156–164.

Marco, R., & Ningrum, B. T. P. (2017). ANALISIS SISTEM INFORMASI E-MARKETPLACE PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) KERAJINAN BAMBU DUSUN BRAJAN. Jurnal Ilmiah DASI, 18(2), 48–53.

Nursetiawan, I., Endah, K., & Sujai, I. (2019). Digitalisasi Produk Unggulan Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Berbasis Qr Code Dan Facebook Marketplace. Abdimas Galuh, 1(1), 67. https://doi.org/10.25157/ag.v1i1.2885

Priyambodo, A., Usman, K., Novamizanti, L., Telekomunikasi, T., Telkom, U., & Korespondensi, P. (2020). IMPLEMENTASI QR CODE BERBASIS ANDROID PADA SISTEM PRESENSI. 7(5). https://doi.org/10.25126/jtiik.202072337

Putra, T. A., & Dwiasnati, S. (2020). RANCANG BANGUN APLIKASI INVESTASI UKM BERBASIS WEB DENGAN FITUR PENENTUAN RESIKO BISNIS. CSRID Journal, 12(2), 117–128.

Ristekbrin. (2017). Smartphone Rakyat Indonesia. Https://Www.Ristekbrin.Go.Id/Siaran-Pers/Smartphone-Rakyat-Indonesia-2/.

Segabai, P. Q., & Promosi, M. (2018). Jurnal MNEMONIC. 1(2), 56–61.

Statistik e-Commerce 2019. (2019). Https://Www.Bps.Go.Id/Publication/2019/12/18/Fd1e96b05342e479a83917c6/Statistik-e-Commerce-2019.Html.

Sugiantoro, B. (2015). Pengembangan Qr Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Telematika, 12(2), 134–145.

https://doi.org/10.31315/telematika.v12i2.1410

Supatra, D. R. I., & Tanone, R. (2019). PERANCANGAN APLIKASI BUS FTI UKSW MENGGUNAKAN BARCODE BERBASIS ANDROID. Jurnal Sistem Informasi Dan Tenologi, 2(2), 151–164.

Suryanto, T. (2018). Penerapan E-Marketplace pada Distro Silver Squad. 1, 8–9.

Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi instagram sebagai sarana promosi bisnis online : sebuah studi pada akun warung mamak. 02(03), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v8i1.9221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Index by:

  
 
   
  worldcat    
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License