Pendeteksi Kesalahan Pengetikan Kata Non Baku pada Karya Tulis Menggunakan Metode N-Gram

Titi Hartina, Agustin Agustin

Sari


Karya tulis sudah menjadi salah satu sarana bagi para generasi muda untuk menuangkan idenya, ide tersebut biasa di susun membentuk sebuah karangan berupa tulisan dari hari pemikiran, pengamatan, dan tinjauan dalam berbagai bidang. Karya tulis yang dibuat haruslah memiliki kualitas yang baik sehingga pembaca akan mudah untuk menerima makna dan tujuan dari penulisan karya tulis tersebut. Akan tetapi tidak semua karya tulis yang dibuat memiliki kualitas seperti yang diharapkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kualitas penulisan karya tulis yang baik adalah kesalahan dalam penggunanan kata non baku yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Mengacu pada masalah tersebut, maka digunakan metode N-Gram untuk membantu proses penelitian yang akan dilakukan. Metode N-Gram ini digunakan untuk pembangkitan kata dan karakter yang tidak sesuai dengan penulisan kata baku dalam Bahasa Indonesia. Dengan cara ini, maka kata nonbaku yang menjadi inti pemasalahan tersebut akan mudah terdeteksi. Agar dapat mengimplementasikan tujuan dari penelitian maka metode ini dituangkan kedalam sebuah aplikasi pendeteksi kesalahan pengetikan kata nonbaku pada karya tulis berbahasa indonesia menggunakan metode N-Gram. Aplikasi ini dapat meminimalisasi kekurangan dalam penulisan karya tulis.


Kata Kunci


deteksi, karya tulis, kata non baku

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, R. S. (2013). Aplikasi Mobile Informasi Kafe 24 Jam Di Yogyakarta Berbasis Android Pendahuluan Landasan Teori Analisis dan Perancangan Sistem. Dasi, 14(04), 49–53.

Lisangan, E. A., Atma, U., & Makassar, J. (2015). Implementasi n-gram Technique dalam Deteksi Plagiarisme pada Tugas Implementasi N-Gram Technique Dalam Deteksi, (May).

Hamzah, A. (2010). Deteksi Bahasa Untuk Dokumen Teks. Seminar Nasional Informatika, 22(semnasIF), 5–13.

Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia Di Stikom Kota Jambi Sarmadan 1, 17(1), 159–171.

Zaman, B., & Hariyanti, E. (2015). Sistem Deteksi Bahasa pada Dokumen menggunakan N-Gram, 1(2), 21–26.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i1.7916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Index by:

 
  
   
      
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License