Kajian Website Pendaftaran Peserta Pelatihan Pada Kemendag Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model

Irawan Satriadi, Amrin Amrin

Sari


Perdagangan dunia menunjukkan perkembangan dinamis terlebih dengan mulai diberlakukannya Free Trade Agreement. Hal ini perlu disikapi oleh para pelaku bisnis terutama eksportir dan calon eksportir, mengingat pasar internasional kini menuntut profesionalisme yang tinggi dan bukan sekedar transaksi. Dengan tuntutan tersebut, pelaku bisnis perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan yang cukup untuk menangkap peluang serta memenuhi standar yang dikehendaki oleh pasar internasional. PPEI sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang ekspor impor yang berada di lingkungan Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, senantiasa terlibat aktif dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia para pelaku bisnis, dengan berbagai pengetahuan praktis dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi yang handal, berwawasan global dan berdaya saing tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi teknologi web dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan pengguna pada website pendaftaran peserta pelatihan di PPEI Kemendag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan  diri calon peserta berinternet berpengaruh terhadap  persepsi kemudahan calon  peserta dalam menggunakan website, tidak berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan website, dan tidak berpengaruh terhadap perilaku penggunaan website

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustian, W., & Syafari, R. (2014). Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ) Untuk Mengidentifikasi Pemanfaatan Internet Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Selatan. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014 (Semantik 2014), 20–25. Semarang.

Ghozali, I. (2008). Model persamaan structural, Konsep dan Aplikasi dengan program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hakim, M. M. (2017). Kajian Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem CRM Di Perusahaan X Menggunakan Model TAM. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851563

Napitupulu, D. (2017). Kajian Penerimaan e-Learning Dengan Pendekatan TAM. Prosiding Seminar Nasional Multidsisiplin Ilmu Universitas Budi Luhur, 41–48. Jakarta.

Nurfiyah, N., Almira, N., Mayangky, M., Hadianti, S., & Riana, D. (2019). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Perdagangan Elektronik Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 59–68.

Santoso, S. (2007). Structural Equation Modelling, Konsep dan Aplikasi dengan AMOS. Jogyakarta: Elex Media Komputindo.

Sayekti, F., & Putarta, P. (2016). Penerapan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Pengujian Model Penerimaan Sistem Informasi Keuangan Daerah. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 196–209.

Siregar, K. R. (2011). Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi dan Informasi Menggunakan Technology. Jurnal Rekayasa, 4(1), 27–32.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i1.7576

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Index by:

 
  
   
      
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License