PEMODELAN KNOWLEDGE MANAGEMENT BERBASIS WEB UNTUK KEGIATAN PELAYANAN PADA PERUSAHAAN RETAIL
Abstract
Keywords : Knowledge Management, Focus Discussion Forum
Abstrak - Penerapan Knowledge Management di perusahaan nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi ini. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge yang ada merupakan kekuatan yang diperlukan untuk dapat tetap bertahan. Hal ini juga berlaku pada perusahaan retail yang ada di Indonesia. Knowledge Management (KM) merupakan usaha untuk meningkatkan knowledge yang berguna dalam organisasi. Knowledge Management tidak hanya merupakan pengaturan akan knowledge, namun lebih pada manajemen suatu organisasi dengan fokus khusus terhadap knowledge. Penerapan Knowledge Management dengan sebuah sistem berbasis web, diharapkan dapat menjadi solusi dari kebutuhan aliran knowledge yang tidak dihalangi oleh batasan waktu dan lokasi geografis. Penulis jurnal ini menganalisis kondisi knowledge dalam organisasi, dengan memperhatikan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang ada. Metoda Focus Discussion Forum digunakan sebagai metodologi untuk melakukan analisis. Focus Discussion Forum sendiri merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kecenderungan yang ada pada individu mengenai persepsi tentang suatu hal. Hasil Focus Discussion Forum ini menggambarkan budaya knowledge sharing organisasi yang merupakan komponen kritis dari Knowledge Management
Kata Kunci : Knowledge Management, Focus Discussion Forum,Web
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Davenport, Thomas, H., and Laurence Prusak. Working Knowledge: How Organizations Manage What They Know. Havard Business School Pres, Boston 1998.
Davidson, Carl and Philip Voss. Knowledge Management, An Introduction to creating competitive advantage from intellectual capital.Vision Book. New Delhi. 2003.
Elias, M. Award & Hassan M. Ghaziri. Knowledge Management, Practice Hall, Inc., A Pearson Education Company. 2002.
Krueger, Richard A. Focus Group A Practical Guide for Applied Research. SAGE Publication, Inc. Newbury Park, California. 1998.
Tiwana, Amrit. The Knowledge Management Tollkit. Prentice Hall PTR Upper Saddle River. NJ 07458. 2000.
Tobing, Paul L. Knowledge Management Konsep Arsitektur dan Implementasi, Graha Ilmu. 2007.
Von Krough, George, Kazuo Ichiyo and Ikujiro Nonaka. Enabling Knowledge Creation. Oxford University Press, Inc. New York. 2000.
DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v2i1.74
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika
Index by:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() |
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License