Integrasi Telemedicine dengan Cloud Computing pada Web Pelayanan Kesehatan

SITI ALVI SHOLIKHATIN, ADI BUDI PRASETYO

Sari


Era keterbukaan informasi serta kecepatan akses dan konektivitas memungkinkan masyarakat untuk mencari informasi dengan mudah tanpa batas jarak dan waktu. Kemudahan akses informasi bisa berdampak positif dan juga negatif. Tak terkecuali di bidang kesehatan dan pelayanannya. Tantangan terbesar salah satunya adalah terjadinya misinformasi karena masyarakat mendapatkan informasi terkait kesehatan dari sumber yang belum jelas kebenarannya. Tantangan lainnya yaitu semakin berkembangnya jenis-jenis penyakit dan diagnosa-diagnosa baru yang kemungkinan belum pernah ditemukan sebelumnya, keharusan bahwa antara penyintas dan paramedis harus berada di tempat dan waktu yang sama, serta kesulitan dalam mendapatkan akses layanan kesehatan yang memadai. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, salah satu solusi yang dapat dikembangkan yaitu dengan membangun web telemedicine berbasis cloud. Web telemedicine memiliki berbagai fitur antara lain: konsultasi langsung secara daring dengan dokter, mendapatkan resep untuk penyakit-penyakit ringan sehingga memudahkan pasien dalam mendapatkan obat di apotik terdekat, serta rekomendasi penanganan lanjutan ke rumah sakit untuk pasien yang membutuhkan tindakan penunjang. Web telemedicine ini mengutamakan kemudahan akses bagi pasien dan dapat digunakan dengan telepon pintar sehingga diharapkan web telemedicine dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mendapatkan layanan kesehatan yang terpercaya dan mudah dijangkau.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad Solichin, Z. A. (2012, 6). PEMODELAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS CLOUD COMPUTING UNTUK INSTITUSI PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012, 7.

C.S. Pattichis, E. K. (2002, April). Wireless Telemedicine Sytems; An Overview. Wireless Corner, 44, 11.

Christiani, L. (2018). Peluang dan Tantangan Penerapan Cloud Computing (Komputasi Awan) Sebagai Solusi Automasi Kerjasama Antar Perpustakaan. ANUVA, 2, 11.

Hung, K. (2003, June). Implementation of WAP-Based Telemedicine Sytem for Patient Monitoring. IEEE TRANSACTIONS ON INFORMATION TECHNOLOGY IN BIOMEDICINE, 7, 7.

Nuno Santos, K. P. (t.thn.). Towards Trusted Cloud Computing.

Rashid L. Bashshur, P., Gary W. Shannon, P., & Brian R. Smith, M. (2014, 9). The Empirical Foundations of Telemedicine Interventions for Chronic Disease Management. TELEMEDICINE and e-HEALTH, 20(9), 32.

Richard Wootton, J. C. (2006). Introduction to Telemedicine Second Edition. Florida, US: CRC Press.

Somantri, G. R. (2005, 12). Memahami Metode Kualitatif. Makara Sosial Humaniora, 9, 9.

Sudibyo Supardi, M. N. (2005, 8). PENGOBATAN SENDIRI SAKIT KEPALA, DEMAM, BATUK DAN PILEK PADA MASYARAKAT DI DESA CIWALEN, KECAMATAN WARUNGKONDANG, KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT. Majalah Ilmu Kefarmasian, 2, 11.

Wootton, R. (2001, 9). Telemedicine Recent Advances: Clinical Review. Centre for Online Health, 323, 4.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i2.7293

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License