Sistem Informasi Perpustakaan Pada Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta Kota Jakarta Barat

Indra Permana Putra, Agus Junaidi, Popon Handayani, Yunita Yunita

Abstract


Teknologi Informasi sudah menjadi pilihan utama dalam menciptakan suatu sistem informasi yang dapat memberikan informasi secara tepat dan akurat. Sistem Informasi  Perpustakaan di Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta Kota Jakarta Barat masih menggunakan sistem manual. Sistem ini sudah kurang sesuai dimana peminjaman buku dan pengembalian buku masih menggunakan buku atau kertas dalam bertransaksi, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam melakukan pengelolahan pencatatan data buku peminjaman dan pengembalian. Dari uraian masalah diatas maka diperlukan suatu sistem informasi pengelolahan data perpustakaan pada Madrasah Aliyah Negeri 16 Jakarta Kota Jakarta Barat agar sistem menjadi lebih efisien seperti halnya sistem peminjaman dan pengembalian yang sering bermasalah dan memakan waktu yang lama sehingga membutuhkan perkembangan dengan memanfaatkan teknologi yang ada misalnya menggunakan website dan memudahkan petugas dalam melakukan pencatatan transaksi peminjaman dan pengembalian buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Model air terjun (Waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential liniear) atau alur hidup klasik (classic life cycle). Hasilnya sistem informasi perpustakaan ini dapat mempermudah petugas perpustakaan dalam mengelola data perpustakaan serta mempercepat proses pembuatan laporan dengan memilih opsi cetak


Keywords


Sistem Informasi, Perpustakaan

References


Dari, D. W., Sari, A. O., & Astrilyana. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Sekolah Berbasis Website. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 4(2), 163–168.

Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Jurnal SIMETRIS, 5(1), 27–32.

Putra, I. P. (2019). Laporan Akhir Penelitian.

Hendramayana, R. R., & Junaidi, A. (2016, December). SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SMA TUNAS HARAPAN JAKARTA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer (Vol. 4, No. 1, pp. 185-194).

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sasongko, A. (2015). Rancangan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Perguruan Tinggi (Studi Kasus: Perpustakaan AKBID Aisyiyah Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 124–133.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v6i2.6498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License