Analisa Perancangan Sistem Penerimaan Donasi dan Laporan Pertanggung Jawaban Pada Yayasan Yatim Piatu Aisyiyah

Nurlila Nurlila, Nia Rahma Kurnianda

Sari


Yayasan Yatim Piatu Aisyiyah merupakan lembaga sosial yang berperan untuk memberikan pengasuhan,dan pembiayaan  kepada anak--anak yang telah kehilangan kedua orang tuanya. Yayasan Yatim Piatu Aisyiyah juga dapat menjadi wadah untuk para donatur yang ingin memberikan bantuan donasi untuk anak yatim piatu di yayasan. Tetapi selama ini permasalahan utama yang muncul di dalam pengelolaan penerimaan donasi di dalam yayasan yaitu masih dilakukan secara manual sehingga transparansi atas laporan pertanggung jawaban donasi anatara pihak yayasan dan donatur masih sangat terbatas dan membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk menghasilkan laporan yang baik dan benar. Oleh karena itu penulis memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat perancangan sistem terkomputerisasi yang dapat mempermudah penerimaan donasi, serta pembuatan laporan pertanggung jawaban dari donasi tersebut. Perancangan sistem penerimaan dan laporan pertanggung jawaban donasi ini berbasis web dengan menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Sistem ini dirancang menggunakan pemodelan UML yang diharapkan dapat menghasilkan sebuah sistem yang bisa lebih efektif dan efesien sehingga berefek kepada pembuatan laporan pertanggung jawaban bisa tepat waktu.


Kata Kunci


Sistem donasi, donatur, UML,Web based.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Minarni, E. Yulianti, and I. Warman. (2016). Perancangan Sistem Informasi Panti Asuhan di Kota Padang ( Studi Kasus : Panti Asuhan Bundo Saiyo Padang ). Jurnal Momentum, 18(2),35–41.

Natsir, M. (2017). Pengembangan Prototype Sistem Kriptografi Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Data Office Menggunakan Metode Blowfish Dengan Bahasa Pemrograman Java, 6, 87–105.

Nurjamiyah and Arie Rafika Dewi, (2018). Analisis Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Mahasiswa Menggunakan PIECES pada Prodi Sistem Informasi STTH-Medan, Jurnal Sistem Informasi, Vol. 02, pp. 39

Pressman. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Yogyakarta: Andi.

Ramadhani., M. R., Aryadita, H., & Wicaksono, S. A. (2018).

Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Donasi , Kegiatan , dan Relawan bagi Komunitas Sosial di Kota Malang ( Studi Kasus : Komunitas TurunTangan Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3102–3109.

Wulandari, D. R., & Rahayu, S. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Production Support System Berbasis Web Pada PT Adicipta Inovasi Teknologi, 6.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v7i1.6245

Refbacks



##submission.license.cc.by4.footer##

Index by:

 
  
   
      
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License