SISTEM INFORMASI PENJUALAN VOUCHER BELANJA PADA PT. PLAZA INDONESIA REALITY Tbk. JAKARTA

Baginda Oloan Lubis

Abstract


ABSTRACT - PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta in sales voucher which transaction begins recording voucher entry, customer data records, invoicing sales voucher, recording handover vouchers to customers to making the report is still done manually, making it possible during the process frequent errors in recording, made less accurate reports and delays in data retrieval when needed. That requires the existence of a draft program that will support the sale of the voucher system that allows users and speed up transaction with customers and reporting.Model development system used in the making of this information system is SDLC (System Development Life Cycle)/Waterfall or groove classic or classic live life. The stages are passed in process analysis and system design include: analysis of system requirements, design, code generation, testing and support. From the results of this study are expected by the voucher system sales information can help the user in this case called the concierge at PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta in the sale to preparing reports accommodated.

Keywords : Information System, Sales Voucher, SDLC

 

ABSTRAK - PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta dalam penjualan voucher yang transaksinya dimulai dari pencatatan voucher yang masuk, pencatatan data pelanggan, pembuatan faktur penjualan voucher, pencatatan serah terima voucher dengan pelanggan  sampai pembuatan laporan  masih dilakukan secara manual, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung sering terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data pada saat dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan adanya suatu rancangan program yang akan menunjang kegiatan sistem penjualan voucher yang memudahkan user dan mempercepat transakasi dengan pelanggan dan pembuatan laporan. Model pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah SDCL (System Development Life Cycle) air terjun (Waterfall) atau alur hidup klasik atau classic life. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam proses analisis dan perancangan sistem antara lain: analisa kebutuhan sistem, desain, kode generator, testing dan pendukung. Dari hasil penelitian ini diharapkan dengan adanya sistem informasi penjualan voucher ini dapat membantu user dalam hal ini disebut concierge pada PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. Jakarta dalam melakukan transaksi penjualan sampai dengan pembuatan laporan terakomodasi

Kata kunci: Sistem Informasi, Penjualan Voucher, SDLC


References


A.S,Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Binanto, Iwan. 2009. Konsep Bahasa Pemograman. Yogyakarta: Andi Offset.

Darmawan, Deni dan Kunkun Nur Fauzi. 2013. Sitem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kuniyo, Andri dan Kusrini. 2007. Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic & SQL Server. Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, Andi. 2007. Pemrograman Database Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan SQL Server 2000. Yogyakarta. Andi Offset.

Yakub. 2008 . Sistem Basis Data Tutorial Konseptual. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v3i1.262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License