Sistem Penunjang Dalam Penentuan Prioritas Pemilihan Percetakan Media Promosi Menggunakan Metode AHP
Abstract
Abstrak
Promosi merupakan komponen utama dalam dunia bisnis. Hal tersebut tidak bisa lepas dari peran promosi media cetak. Pemilihan media promosi merupakan masalah multi kriteria. Pada umum ada beberapa kriteria yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk penentuan prioritas pemilihan media cetak dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dimana alternatif dan kriteria telah ditentukan oleh divisi yang bersangkutan. Kriteria yang ditentukan ada tujuh kriteria, yaitu kualitas, harga, estimasi waktu pengerjaan, sistem kontrol, pelayanan, pembayaran dan pengiriman. Keputusan yang dapat diambil berdasarkan hasil dari stimuli responden yaitu dengan pemberian kuesioner yang berisi perbandingan antar kriteria dan alternatif. Dan dengan menggunakan tools Expert Choice dalam pengolahan data dengan metode AHP. Hasil pengujian nilai AHP pada berbahan dasar frontlite sebesar 0,9976. Dan percetakan 1 mendapat peringkat pertama
Kata Kunci: DSS, AHP, Media Promotion, Percetakan
Abstract
Promotion is a major component in the business world. It could not be separated from the role of printing media promotion. Selection of printing media campaign is a multi-criteria problems. In general, there are several criteria that influence it. This study aimed to prioritize the selection of printing media campaign with method Analytical Hierarchy Process (AHP) . Where alternative and criteria have been determined by the relevant division. The prescribed criteria there are seven criteria, namely quality, price, estimated processing time, control systems, services, payment and delivery. Decisions can be taken based on the results of stimuli respondents, by giving a questionnaire containing a comparison between the criteria and alternatives. And by using the tools in Expert Choice AHP with the data processing . The test results value of AHP for at 0.9976 based frontlite. and printing 1 got the first rank.
Keywords: DSS, AHP, Media Promotion, Percetakan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
AYHAN, M. B. (2013). A Fuzzy AHP Approach For Supplier Selection Problem: A Case Study In Agearmotor Company. International Journal Of managing Value An Supply Chains (IJMVSC), VOl 4 No 3.
Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. (2016). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack. PERFOMA: Jurnal manajemen dan Start-UP Bisnis Vol 1, Nomor 1.
Kotler, & Armstrong. (2012). Marketing Management (14th ed). New Jersey: US:Peaeson Education,Inc.
Kusrini, M. (2013). Kriteria Pemmilihan Pemasok. JTI Vol 15, 24-32.
Kusumadewi, S. (2007). Diklat Kuliah Kecerdasan Buatan, Jurusan Teknik Informatika. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Nurhalimah. (2013). Sistem Pendukung Keputusan pemilihan Supplier Bahan Baku Konveksi Dengan metode AHP (Studi Kasus : Alta Moda Convection Medan). Majalah Ilmiah Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI) Vol V, Nomor 1.
Rika, S., Warih, M., & Angelina, P. K. (2010). Analisis Perbandingan Metode Pearson Dan Spearman Correlation Pada Recommender System. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika. Bali.
Saaty, T. L. (2004). Decision Making The analytuc hierarichal process and teh analytic network process. Journal of System Science and System Engineering Vol 13, 35.
Turban, E., Aroson, J. E., & Pengliang, T. (2005). Decision Support System and Inteligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v4i2.2122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Informatika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Index by:
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License