Penerapan Algoritma Genetika Dalam Penjadwalan Mata Pelajaran

Lintang Aji Pangestu, Sayekti Harits Suryawan, Asslia Johar Latipah

Abstract


Penjadwalan merupakan proses yang krusial dalam dunia pendidikan, dimana merencanakan aktivitas pada waktu tertentu dengan mempertimbangkan banyak faktor seperti kelas, mata pelajaran, guru, dan waktu pelajaran. Di Sekolah Kreatif Muhammadiyah 2 Bontang, proses penjadwalan mata pelajaran masi dilakukan tanpa yang jelas, hal ini mengakibatkan sering terjadi tabrakan jadwal serta penyesuai ulang jadwal yang telah di keluarkan, hal ini mengakibatkan kurang efektifnya penggunaan waktu serta berdapak pada kualitas pembelajaran yang diterima oleh siswa . Untuk mengatasi masalah ini, digunakan algoritma genetika sebagai metode optimasi dalam penyusunan jadwal mata pelajaran. Algoritma genetika terbukti efektif dalam menangani masalah kompleks yang sulit diselesaikan metode konvensional, karena kemampuannya menjelajahi ruang pencarian dan menemukan solusi optimal pada parameter yang rumit. Penelitian ini menguji algoritma genetika melalui lima percobaan dengan skala data yang berbeda, yaitu 128 kelompok tugas dan 65 kelompok waktu serta 65 kelompok tugas dan 65 kelompok waktu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma genetika berhasil menghasilkan solusi penjadwalan dengan tingkat nilairata-rata kebugaran 0,5 pada skema pertama dan nilai kebugaran  1 pada pengujian skema kedua. Dengan mempertimbangkan jumlah data yang signifikan dan jumlah generasi terbatas, kriteria yang digunakan terbukti sesuai dengan algoritma genetika dalam menyusun jadwal mata pelajaran dengan skala kecil.

 

Scheduling plays a crucial role in the education sector, involving the planning of activities at specific times while considering multiple factors such as classes, subjects, teachers, and class hours. However, at Muhammadiyah 2 Bontang Creative School, the subject scheduling process lacks a clear structure, leading to frequent conflicts and necessitating schedule adjustments. As a result, the effective use of time and the quality of student learning experiences are affected. To tackle this issue, genetic algorithms are utilized as an optimization method for arranging subject schedules.Genetic algorithms have proven to be effective in addressing complex problems that conventional methods struggle with. Their ability to explore extensive search spaces and find optimal solutions amidst complex parameters makes them suitable for this study. The genetic algorithms are tested through five experiments with different data scales: 128 task groups and 65 time groups, as well as 65 task groups and 65 time groups. Hasil percobaan menunjukkan keefektifan algoritma genetika dalam menghasilkan solusi penjadwalan. Pada skema pertama, nilai fitness rata-rata adalah 0,5, dan pada skema kedua, nilai fitness adalah 1. Meskipun terdapat konflik jadwal pada skala data yang lebih besar . Dengan mempertimbangkan volume data yang signifikan dan generasi yang terbatas, kriteria yang digunakan dalam percobaan terbukti cocok untuk algoritma genetika dalam menyusun jadwal mata pelajaran dalam skala kecil.


Keywords


penjadwalan; algoritma genetika; Optimasi

References


Barus, E. S., & Zendrato, N. (2022). Pembangkit Fungsi Keanggotaan Fuzzy secara Otomatis menggunakan Algoritma Genetika. 6(3).

Christian, R., & Donoriyanto, D. S. (2021). Penerapan Algoritma Genetika Dalam Penjadwalan Mata Kuliah Program Studi Teknik Industri Upn ”Veteran” Jawa Timur. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 16(2), 1–12. https://doi.org/10.33005/tekmapro.v16i2.157

Damayanti, C. P., & Dkk. (2017). Implementasi Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Customer Service ( Studi Kasus : Biro Perjalanan Kangoroo ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(6), 456–465.

Elva, Y. (2019). Sistem Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Teknologi Informasi, 3(1), 49. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i1.687

Fajrianto, A., Ilhamsyah, & Rahmi Hidayati. (2021). Sistem Penjadwalan Mata Pelajaran Sekolah Dasar Berbasis Web. Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 09(03).

Fatimah, T. (2019). Optimasi Pemilihan Tujuan Wisata Liburan Menggunakan Algoritma Genetika denganMetode Crossover Two Point pada Pelangi Tour & Travel. 290–295.

Hendra Suputra, I. P. G. (2020). Rekomendasi Rute Perjalanan Wisata Berbasis Web Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Ilmu Komputer, 13(1), 21. https://doi.org/10.24843/jik.2020.v13.i01.p03

Hidayat, I., Revo, S., Inkiriwang, L., & Pratasis, P. A. K. (2019). Optimasi Penjadwalan Menggunakan Metode Algoritma Genetika Pada Proyek Rehabilitasi Puskesmas Minanga. Jurnal Sipil Statik, 7(12), 1669–1680. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jss/article/view/26145

Luh, N., Sri, W., Ginantra, R., Bagus, I., & Anandita, G. (2019). Web Pada Sistem Penjadwalan Mengajar Di. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), 130–138.

Monalisa, & Diana. (2020). Optimasi Penjadwalan Shift Kerja Menerapkan Algoritma Genetik. Bina Darma Conference on Computer Science, 453–460.

Nasution, R. A., & Simangusong, A. (2022). Penerapan Algoritma Genetika untuk Penjadwalan Mata Pelajaran (Studi Kasus : SMK AKP Galang. Jurnal Informasi Technology, Software Engineering and Networking, 1(2), 83–89.

Panggabean, T. E., & Natalia, Y. (2018). Optimasi Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing (Studi Kasus: Sma Methodist Binjai). Jurnal.Stmikmethodistbinjai.Ac.Id.

Purwanto, F., Djamal, E. C., & Komarudin, A. (2016). Optimalisasi Penempatan Halte Trans Metro Bandung Menggunakan Algoritma Genetika. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 36–38.

Sari, Y., Alkaff, M., Wijaya, E. S., Soraya, S., & Kartikasari, D. P. (2019). Optimasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Metode Algoritma Genetika dengan Teknik Tournament Selection. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(1), 85. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019611262

Supriana, I. W., Raharja, M. A., Bimantara, I. M. S., & Bramantya, D. (2021). Implementasi Dua Model Crossover Pada Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penggunaan Ruang Perkuliahan. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 167–177. https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v4i2.758

Suzanti, I. O., & Mufarroha, F. A. (2021). Implementasi Relevant Feedback menggunakan Algoritma Genetika pada Dokumen Bahasa Indonesia Implementation of Relevant Feedback Using Genetic Algorithm in Indonesian Documents. IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 23(2), 125–139. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/4244

Wahyuningsih, D., & Helmud, E. (2020). Penerapan Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penjadwalan pada MTS Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(3), 435–441. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i3.994




DOI: https://doi.org/10.31294/inf.v10i2.16701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License