Analisis Sikap Pengguna Paytren Menggunakan Technology Acceptance Model

Moh Siri, Fitriyani Fitriyani, Asti Herliana

Abstract


Abstrak

Semakin pesatnya aplikasi berbasis android mendorong masyarakat beralih dan menggunakan. Melakukan transaksi dan pembayaran ke loket-loket Paymen Point Online Bank (BPOB) yang dirasa kurang membantu masyarakat dalam kegiatan transkasi. Oleh karenanya hadir sebuah layanan terknologi dibidang micropayment dengan perangkat lunak bernama PayTren yang dapat digunakan untuk pembayaran transaksi dalam jumlah kecil  (micropayment) berbasis android yang merupakan salah satu alternatif tepat dan bermanfaat untuk sarana mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi atau pembayaran serta mampu menggeser jenis pembayaran pada loket-loket pembayaran pada umumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap pengguna aplikasi PayTren berbasis android dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM), serta pengujian menggunakan analisis regresi. Manfaat penelitian ini adalah sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan metode TAM dan ditambahkan variabel yang lain. Hasil dari penelitian ini persepsi kegunaan (perceived usefullness) dan persepi kemudahan (perceived easy of use) memiliki pengaruh yang dikategorikan kuat dan lemah terhadap (attitude toward using) sikap pengguna.

Kata Kunci: Aplikasi, Android, PayTren, Technology Acceptance Model.

                                                             

                                                              Abstract

The more rapid the android-based applications are pushing the community move on and use. Transaction and payment to the counter-the counter of Paymen Point Online Bank (BPOB) where less help the community in dealings. Therefore present a terknologi service in the field of micropayment with software called PayTren that can be used for payment transactions in small amounts (micropayment) android-based which is one of the alternatives is right and beneficial for the means of facilitating the user in doing deals or payments and afford to shift the payment type on counter-counter payments in General. The aim in this study is to analyze the user interest PayTren android-based applications by using the method of the Technology Acceptance Model (TAM), as well as testing using regression analysis. The benefits of this research is as a reference for further research using TAM and added other variables. The results of this research are perception of usability (perceived usefullness) and persepi ease (perceived easy of use) has categorized influence is strong and weak against (attitude toward using) the attitude of the users. 

Keywords: Android, Applications, PayTren, Technology Acceptance Model.

 

 


 

 

 

 

Keywords


Android, Aplikasi, Application, TAM, Technology Acceptance Model

References


Ariputri, G. P., Supraptono, E., & Suradi, T. (2015). Pengembangan Aplikasi Android untuk Mendukung Pembelajaran Listening Bahasa Inggris kelas XI SMA. Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 48-56.

Christianto, P. (2009). E-Gold Sebagai Alternatif Alat Pembayaran pada E-Commerce. urnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No.1.

Gaol, C. J. (2008). Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Hanggono, A. A., Handayani, S. R., & Susilo, H. (2015). Analiss Atas Praktek TAM (Technology Acceptance Model) Dalam Mendukung Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 26 No. 1.

Herliana, A., & Renaldi, F. A. (2015). Animasi Interaktif Pembelajaran Tari Merak. Informatika, 453-464.

Krisnanda, M. (2011). Penggunaan Teknologi Near Field Communication Pada Telepon Seluler Untuk Micro Payment dan Loyalty Management. Jurnal Informatika Volume 7 Nomor 1 Juni 2011.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Seputra, Y. E. (2013). Belajar dan Analisis Tuntas Statistika Berbasis Komputer. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Siswantoro, Y., & Hasti, N. (2013). Pemesanan dan Penjualan Kue Berbasis Android pada Cherie Cake's-Halim Perdana Kusuma. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 97-111.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Thrihendradi, C. (2010). Step by Step SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi.

Wahana Komputer. (2010). Modul Belajar Statistik dengan SPSS 18. Semarang: Andi.

Wibowo, Y. W., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2014). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Online. Simposium Nasional RAPI XIII.

Widyaharsana, James. Indra W. (2010). Mobile Marketing Sebagai Media Pemasaran. Jakarta: PPM.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v4i1.1613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License