Sentiment Analysis Terhadap Perspektif Warganet Atas Tragedi Kanjuruhan Malang di Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier

Minardi Minardi, Ranita Lasepa, Santoso Riyadi, Syahrur Ramadhan, Dedi Dwi Saputra

Abstract


Media sosial Twitter adalah salah satu tempat bagi warganet dari seluruh dunia untuk menyampaikan perspektif mereka, sebuah insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang pada tanggal 01 Oktober 2022 sedang hangat diperbincangkan, sehingga memunculkan berbagai perspektif yang memicu timbulnya pro-kontra di masyarakat. Atas dasar itu untuk mengklasifikasikan perspektif positif atau negatif warganet di Twitter, maka dilakukan analisis sentimen menggunakan Naïve Bayes Classifier. Analisis sentimen dilakukan dengan mengambil tweet warganet di Twitter dengan hashtag UsutTuntasTragediKanjuruhan yang diambil 1.500 tweet untuk dijadikan dataset. Preprocessing data terdiri dari Annotation Removal, Remove Hashtag, Transformation Remove Url, Regexp, Indonesian Steaming, Indonesian Stopword Removal. Hasil analisis berjalan dengan baik dengan nilai akurasi 77,67%, kemudian nilai precision sebesar 77,19%, nilai recall sebesar 78,50%, dan nilai AUC 0.820 (good classification).

 

The social media site Twitter is a place where Internet users around the world can exchange perspectives on current discussions. One of them is football; this sport is a hobby that is loved by all corners of the world, including the people of Malang. With their love for this sport, they call themselves Aremania, namely Arema Malang team supporters, but a dark incident occurred. The Kanjuruhan at Malang Stadium on January 10, 2022, raised different views from all Twitter user accounts, which led to an increase in tweets and became a trending topic at that time. To develop different perspectives based on what brings advantages and disadvantages to the community, a procedure was applied to classify Twitter users' positive or negative perspectives through sentiment analysis with the Nave Bayes classifier. Sentiment analysis was carried out by indexing Twitter user tweets with the hashtag "UsutTuntasTragediKanjuruhan," crawling data from 1,500 existing tweets as a dataset, after which the data to be processed is identified. (labeling) for the next step, namely stage Data preprocessing includes annotation removal, hashtag removal, URL removal, regexp, Indonesian steaming, and Indonesian stopword removal, as well as operators' smote upsampling. Making a confusion matrix that shows the final result of the analysis is going well, namely the value accuracy of 77.67%, the value precision of 77.19%, the value recall of 78.50%, and the value AUC of 0.820 (good classification).


Keywords


Analisis Sentimen, Tragedi Kanjuruhan Malang, Naïve Bayes Classifier, Twitter

References


Astiningrum Mungki, Hani’ah Mamluatul, & YP. Yanuar Rahmat. (2020). Analisis Sentimen Tentang Opini Terhadap Performa Timnas Sepak Bola Indonesia Pada Twitter. 2020.

Augustia, A. E., Taufan, R., Alkhalifi, Y., & Gata, W. (2021). Analisis Sentimen Omnibus Law Pada Twitter Dengan Algoritma Klasifikasi Berbasis Particle Swarm Optimization. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 23(2). https://doi.org/10.31294/p.v23i2.10430

Buntoro, G. A. (2019). Analisis Sentimen Calon Gubernur Jawa Timur 2018 Dengan Metode Naive Bayes Classifier. In Journal Of Informatics Pelita Nusantara (Vol. 4, Issue 1).

Buslim, N., Busman, B., Sinatrya, N. S., & Kania, T. S. (2018). Analisa Sentimen Menggunakan Data Twitter, Flume, Hive Pada Hadoop dan Java Untuk Deteksi Kemacetan di Jakarta. Jurnal Online Informatika, 3(1), 1. https://doi.org/10.15575/join.v3i1.141

Hakim, B. (2021). Analisa Sentimen Data Text Preprocessing Pada Data Mining Dengan Menggunakan Machine Learning. JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, 4(2). https://doi.org/10.30813/jbase.v4i2.3000

Hartati, Hermawan Deni, Akshanal M, Wahyudi Zailani, Ariyanto Angga, & Saputra D. (n.d.). Optimasi Analisis Sentimen Pada Twitter Olshop Tokopedia Menggunakan Textmining Dengan Algoritma Naïve Bayes & Adaboost.

Hendika, F., & Nuraeni, D. (2020). Globalisasi Hooliganisme terhadap Suporter Sepak Bola di Indonesia. In Jurnal Hubungan Internasional □ Tahun XIII (Issue 1).

Imamah, I., & Siddiqi, A. (2019). Penerapan Teorema Bayes untuk Mendiagnosa Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan (THT). MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 268–275. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.398

Nurmalasari, M. D., Kusrini, K., & Sudarmawan, S. (2021). Komparasi Algoritma Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor untuk Membangun Pengetahuan Diagnosa Penyakit Diabetes. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 5(1), 52–59. https://doi.org/10.31603/komtika.v5i1.5140

Patel, R., & Passi, K. (2020). Sentiment Analysis on Twitter Data of World Cup Soccer Tournament Using Machine Learning. IoT, 1(2), 218–239. https://doi.org/10.3390/iot1020014

Prajamukti, R., & Mega Santoni, M. (2021). Klasifikasi Dan Analisis Sentimen Pada Data Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Timnas Indonesia Senior, U-23, Dan U-19). https://t.co/SAbaU6Prrz

Pratama Putra, A., Pratama, Y., Kharisma Krisnadi, E., Purnamasari, I., & Dwi Saputra, D. (2022). Text Mining untuk Sentimen Analisis dengan Metode Naïve Bayes, SMOTE, N-Gram dan AdaBoost Pada Twitter CommuterLine. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 2).

Saputra, D. D., Pratama, B., Akbar, Y., & Gata, W. (2018). Penerapan Text Mining Untuk Assingment Complaint Handling Customer Terhadap Divisi Terkait Menggunakan Metode Decission Tree Algoritma C4.5 (Studi Case : Pt. Xl Axiata, Tbk) Selection and peer-review under responsibility of The 11th STIKOM CKI on SPOT. CKI On SPOT, 11(2).

Susana, H., & Suarna, N. (2022). Penerapan Model Klasifikasi Metode Naive Bayes Terhadap Penggunaan Akses Internet. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 4(1), 1–8.

Sutoyo, E., Asri Fadlurrahman, M., Telekomunikasi Jl Terusan Buah Batu, J., Dayeuhkolot, K., Bandung, K., & Barat, J. (2020). JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Penerapan SMOTE untuk Mengatasi Imbalance Class dalam Klasifikasi Television Advertisement Performance Rating Menggunakan Artificial Neural Network.




DOI: https://doi.org/10.31294/inf.v10i1.14546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Minardi ., Ranita Lasepa, Santoso Riyadi, Syahrur Ramadhan, Dedi Dwi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

 
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License