Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Dempster Shafer

Khusnul Arifin, Anti Nada Nafisa, Erika Nia Devina Br Purba, Nurul Adawiyah Putri, Kana Saputra S, Debi Yandra Niska

Abstract


Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Penyakit kulit pada kucing seringkali membuat pemiliknya merasa bingung dan terkendala dalam diagnosa penyakit kulit pada kucing yang dipelihara. Butuh perawatan lebih untuk menjaga kesehatan kulit kucing dan perlunya pemahaman bagi pemilik kucing untuk mengetahui cara menangani apabila kucing terserang penyakit kulit. Dengan adanya sistem pakar dapat diketahui penyakit kulit apa yang sedang dialami oleh kucing tersebut dan dapat memberikan solusi. Metode dempster shafer memiliki kemampuan dalam memberikan tingkat keakuratan yang tinggi, dimana metode ini mampu berpikir layaknya seorang pakar, namun dengan menggunakan perhitungan melalui gejala yang memiliki nilai densitas. Sistem pakar diagnosa penyakit kulit kucing dengan metode dempster shafer berbasis web dapat mempermudah bagi pemilik kucing dalam mencari informasi jenis penyakit kulit pada kucing, juga dapat mendiagnosa penyakit dan memberikan solusi dari penyakit kulit tersebut. Hasil akurasi yang diperoleh dari perhitungan manual sebesar 90% dan hasil akurasi yang diperoleh dari sistem sebesar 83%.

 

Kata Kunci: Sistem Pakar, Kulit Kucing, Dempster Shafer

Keywords


Sistem Pakar, Kulit Kucing, Dempster Shafer

References


Aldo, D., & Putra, S. E. (2020). Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer. Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 9(2), 85–93. https://doi.org/10.34010/komputika.v9i2.2884

Amalia, N., Fauziah, & Hidayatullah, D. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 4(2), 122–132.

Gunawan, I., & Fernando, Y. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(2), 239–247.

Hendini, A., Pratama, E. B., & Mirsuma, Z. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Berbasis Web Menggunakan Metode Decision Tree. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 254–264.

Hidayat, S. (2017). Deteksi Penyakit Pada Hewan Kucing Menggunakan Metode Dempster Shafer. Simki Techsain, 1(3), Hal 1-9.

Nas, C. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Penyakt Tiroid Menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 2(1), 1–14.

Purnomo, D., Irawan, B., & Yulrio Brianorman. (2017). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Menggunakan Metode Dempster-Shafer Berbasis Android. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, 5(1), 45–55.

Widyaningsih, M., & Gunadi, R. (2017). Dempster Shafer Untuk Sistem Diagnosa Gejala Penyakit Kulit Pada Kucing. Jurnal SAINTEKOM, 7(1), 81–94.




DOI: https://doi.org/10.31294/inf.v10i1.14488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License