Manajemen Server Jaringan Komputer Berbasis Teknologi Virtualisasi Menggunakan Proxmox

Hendi Suhendi, Indra Nurdiyana

Abstract


Abstrak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, terdapat dua buah mesin server yang memiliki resources yang kurang baik karena menggunakan personal computerdengan spesifikasi bukan untuk server, sehingga tidak bisa melayani clientdengan baik. Selainitu tidak terdapat server pusat penyimpanan data untuk berbagi data. Solusi untuk permasalahan resources server adalah mengganti dengan satu unit PC Server dengan spesifikasi yang tinggi. Dan dikarenakan terdapat dua buah server maka metode yang digunakan untuk masalah ini adalah Teknologi Virtualisasi. Semua mesin server tersebut dibangun dalam teknologi virtualisasi dengan menggunakan Proxmox. Proxmox adalah software opensource untuk menjalankan Virtual Machine. Dengan proxmox dapat meminimalisir penggunaan hardware dan memudahkan dalam maintenance karena menggunakan Web Base Management untuk pengaturannya. Dan dengan dibangunnya server pusat data untuk penyimpanan data nilai dan berbagi data maka akan memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan. Manfaat dari penelitian ini  untuk mengefesiensikan waktu dan biaya dalam maintenance server serta penggunaan resource secara optimal.

 

Kata Kunci: Virtualisasi, Proxmox, Server.

 

 

Abstract

Based on research conducted by the authors, there are two server machines that have less resources well as using personal computer with a specification is not for the server, so it can not serve clients well. In addition, there is no central server data storage for data sharing. The solution to the problem is to replace the server resources with one unit of PC servers with high specification. And because there are two servers, the method used for this problem is Virtualization Technology. All machines are built in server virtualization technology by using Proxmox. Proxmox is open source software for running Virtual Machine. With proxmox can minimize the use of hardware and ease in maintenance due to using the Web Base Management for the organization. And with the construction of a data center server for data storage and sharing of data values.

 

Keywords: Virtualization, Proxmox, Server.


Keywords


Virtualization, Proxmox, Server, Virtualisasi, Proxmox, Server.

References


Azikin, Askari. (2011). Debian GNU/Linux. Bandung: Informatika.

Handayana, Wilfridus, B. T., Bernard Renaldy Suteja & Ahmad Ashari. (2008). Linux System Administrator. Bandung: Penerbit Informatika.

Kusuma, I Gede Chandra. (2012). Perancangan Dan Implementasi LDAP Pada LTSP Dan Terintegrasi Dengan Zimbra LDAP. Diambil dari :http://ojs.unud.ac.id/index.php/JLK/article/view/4896. (25 April 2014)

Sofana, Iwan. (2008). Membangun Jaringan Komputer. Bandung: Informatika.

Sugeng, Winarno. (2010). Jaringan Komputer Dengan TCP/IP. Bandung: Penerbit Modula.

Suryono, Tito, dan Afif, Mohammad Faruq. (2012). Pembuatan Prototype Virtual Server Menggunakan ProxmoxVe Untuk Optimalisasi Resource Hardware Di Noc Fkip Uns. Diambil darihttp://journal.ijns.org/index.php/ijns/article/view/10 . (24 April 2014)

Tim Wahana Komputer. (2005). Panduan Lengkap Pengembangan Jaringan Linux.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Zaida, E. (2013). Kupas Tuntas Teknologi Virtualisasi. Yogyakarta: ANDI.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v4i1.1416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Index by:

 
  
Published by Department of Research and Public Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika with supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License