Menentukan Customer Segment dan Segment Pasar UMKM (Foodendez) Dengan Metode Decision Tree

Baramukti Dewayana, Ari Purnomo Wahyu Wibowo

Sari


Abstrak

Foodendez adalah UMKM di bandung yang terkenal dengan produknya yaitu Uthi & Mies Krispi Kulit Ikan Patin yang menjadi produk best seller dari Foodendez. Usaha Foodendez ini sudah berjalan kurang lebih 5 tahun, Yang dimana Foodendez sudah mempunyai customer segment dan segment pasar sendiri, Akan tetapi Foodendez ini mempunyai sebuah masalah perihal memprediksikan customer segment dan segment pasar untuk penjualan produk dari Foodendez ini yang ternyata tidak sesuai ekspetasi yang diharapkan, dikarenakan dalam memprediksikan customer segment  dan segment pasar Foodendez masih menggunakan cara sederhana yaitu menggunakan prediksi awal dengan cara menebak perkiraan secara kasar yang diketahui hanya dari business plan yang menjadikan UMKM Foodendez ini kurang tepat dalam menentukan customer segment dan segment pasar yang mengakibatkan pengaruh terhadap omset Foodendez yang berubah - ubah secara tidak signifikan.Maka penulis memberikan solusi dengan adanya rancangan / skema Sistem Pendukung Keputusan yang menggunakan metode Decision Tree untuk menentukan customer segment serta segment pasar yang nantinya Foodendez akan mengetahui customer segment dan segment pasar lebih signifikan. Metode kegiatan yang akan digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data dengan Metode Wawancara. Hasil dari kegiatan ini adalah sebuah rancangan / skema Sistem Pendukung Keputusan dengan metode Decision Tree yang dimana rancangan / skema tersebut adalah hasil penentuan customer segment / segment pasar yang lebih detail serta signifikan dan sesuai apa yang diinginkan oleh owner UMKM Foodendez.

 

Kata Kunci : Decision Tree, Customer Segment, Segment Pasar.


Kata Kunci


Decision Tree , Customer Segment , Segment Pasar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. N. (2016). Klasifikasi pembayaran biaya studi pada laporan pembayaran sistem informasi pembayaran biaya studi mahasiswa di STIKes Kepanjen menggunakan metode decision tree. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Abid, M. (2021). BELAJAR MEMULAI BINIS UMKM. Entrepreneurial Mindsets & Skill, 35.

Chairiyah, F. (2020). Faktor-Faktor Pemilihan Segmentasi Pasar PT. BPR Syariah Lampung Timur. IAIN Metro.

Ernawati, E., Hidayah, N. A., & Fetrina, E. (2017). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Pegawai Dengan Metode Profile Matching (Studi Kasus: Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta). Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 10(2).

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., & Napitupulu, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran Lembaga Keuangan Syariah dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1), 65–77.

Mulyana, M. (n.d.). Segmentasi Pasar, Penargetan Pasar dan Pemosisian.

Nofriansyah, D., Kom, S., & Kom, M. (2015). Konsep data mining Vs Sistem pendukung keputusan. Deepublish.

Pengertian, U. (n.d.). Pengaruh Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Laba UMKM Berbasis Syariah Heru Wahyudi.

Qamar, N., Syarif, M., Busthami, D. S., Hidjaz, M. K., Aswari, A., Djanggih, H., & Rezah, F. S. (2017). Metode Penelitian Hukum (Legal Research Methods). CV. Social Politic Genius (SIGn).

Saifullah, S., Zarlis, M., Zakaria, Z., & Sembiring, R. W. (2017). Analisa Terhadap Perbandingan Algoritma Decision Tree Dengan Algoritma Random Tree Untuk Pre-Processing Data. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 1(2), 180–185.

Santoso, T., & Wardhani, J. V. B. (2018). Analisa Model Bisnis Radio Suara Surabaya dan Pengembangannya di Era Disruptive Technology. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 6(2), 115–121.

Sultan, R., & Hasbi, I. (2018). Analisis Bisnis Model Kanvas pada Kadatuan Koffie Bandung. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(2), 116–123.

Wahyuni, S., & Ginting, B. S. (2018). PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERANGKATAN HAJI DENGAN METODE DECISION TREE PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BINJAI. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 2(2), 47–54.




DOI: https://doi.org/10.31294/ji.v8i2.10976

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Index by:

  
 
   
  worldcat    
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License