Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Aset Tetap Pada Perusahaan Umum BULOG Jakarta

Rocky Rocky, Amrin Amrin, Irawan Satriadi

Sari


Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum BULOG) merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang logistik. Sebagai perusahaan negara yang memiliki jangkauan bisnis secara nasional, bukan tidak mungkin aset yang dimiliki juga terbilang besar. Namun dibalik nilai aset yang dimiliki Perum BULOG, terdapat masalah yang akan dapat menghambat bisnis perusahaan dalam hal dukungan. Hampir keseluruhan aset yang dimiliki terkendala dalam hal pencatatan, sehingga menimbulkan masalah yang krusial seperti pencatatan, pengawasan dan pelaporan aset. Oleh karena itu, perancangan aplikasi atau sistem secara terintegrasi sangat dibutuhkan dalam hal pencatatan aset tetap. Hal itu dikarenakan sebagai bentuk Tata Kelola Perusahaan yang baik dan bentuk tanggung jawab atas aset negara, disamping juga era kemajuan teknologi yang mewajibkan setiap perusahaan untuk terus maju dan berinovasi. Dan diharapkan, dengan adanya aplikasi ini maka dukungan akan proses bisnis perusahaan dapat berjalan maju dan berkembang serta menjadikan pencatatan aset tetap yang dimiliki Perum BULOG lebih tertib secara administratif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Pambudi, G. S., Sriyanto, S., and Arvianto, A. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEB UNTUK OPTIMALISASI PENELUSURAN ASET DI TEKNIK INDUSTRI UNDIP. J. Tek. Ind., vol. XI, no. 3, pp. 187–196.

Riyanto, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset pada Universitas Pamulang Berbasis Web. J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 1, pp. 9–15.

Mariana, A. N., & Amrin, A. (2019). Implementasi Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Surat Berjalan PKK DKI Jakarta. Jurnal Riset Komputer (Jurikom), 6(5), 453–459. Retrieved from https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1392

Dewi, S., Jannah, L. M., and Jumaryadi, Y. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET TETAP PADA PT . METIS TEKNOLOGI. J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 9, no. 1, pp. 81–91.

Mudiar, W., and Hidayat, U. (2019). Sistem Informasi Manajemen Asset Berbasis Web Pada Perbanas Institute. J. Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 4, no. 1, pp. 41–50.

Maryono, Y., Suyoto, S., and Mudjihartono, P. (2010). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TIK Studi Kasus : Asmi Santa Maria Yogyakarta. J. Buana Inform., vol. 1, no. 2, pp. 81–90.

Pressman, R. S. (2010). Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.