Rancangan Palang Pintu Otomatis Pada Apartemen Dengan Akses e-KTP Berbasis Arduino

Elly Mufida, Rian Septian Anwar, Isna Gunawan

Sari


Perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat dan telah memicu perkembangan pada teknologi Internet of Think (IoT). Kehidupan manusia yang selalu mencari cara untuk memudahkan kehidupannya tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin modern. Apartemen merupakan salah satu tempat tinggal yang ideal di kota metropolitan yang menyediakan banyak fasilitas bagi penghuninya. Salah satu fasilitas tersebut adalah tersedianya area parkir yang memadai dan nyaman bagi penghuni yang memiliki kendaraan, pada kenyataannya saat ini sistem perparkiran yang digunakan masih bermasalah. Masalah yang ditimbulkan dalam sistem perparkiran adalah keamanan parkir bagi pengguna fasilitas parkir tersebut. Untuk itulah diperlukan sistem parkir yang modern dan mampu memberikan keamanan bagi penghuni apartemen. Palang pintu otomatis yang dirancang, dikendalikan oleh mikrokontroler berbasis Arduino Uno. Sensor infrared memberikan input ke mikrokontroler untuk membuka dan menutup palang pintu secara otomatis. Sensor Radio Frequency Identification (RFID) digunakan sebagai media input yang akan membaca e-KTP. Jika e-KTP belum terdata pada database, maka system meminta operator untuk menginputkan data e-KTP tersebut kedalam database melalui user interfase berbasis web. Alat pengendali palang pintu ini terhubung dengan Komputer melalui ESP8266.

Kata kunci: Palang Pintu Otomatis. Arduino Uno. RFID. Infrared.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Imbiri, F. A., Taryana, N., & Natalia, D. (2018). Implementasi Sistem Perparkiran Otomatis dengan Menentukan Posisi Parkir Berbasis RFId. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 4(1), 31. https://doi.org/10.26760/elkomika.v4i1.31

Novianti, T. (2019). Rancang Bangun Pintu Otomatis dengan Menggunakan RFID. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer TRIAC, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.21107/triac.v6i1.4878

Rini Sovia dan Jimmy Febio. (2011). MEMBANGUN APLIKASI E-LIBRARY MENGGUNAKAN HTML, PHP SCRIPT, DAN MYSQL DATABASE Rini Sovia dan Jimmy Febio. Processor, 6(2), 38–54.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Muladi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. Electrans, 13(1), 1–10.

Standsyah, R. E., & N.S Restu, I. S. (2017). Implementasi PHPMyAdmin Pada Rancangan Sistem Pengadministrasian. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 3(2), 38–44.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.