Perancangan E-learning Sebagai Media Pembelajaran

Clara Febrianti, Adjat Sudradjat, Retno Sari

Sari


Saat pandemi seperti ini kegiatan belajar mengajar pada SMK Pluit Raya dialihkan menjadi sistem pembelajaran secara daring, sehingga membutuhkan suatu sistem informasi yang membantu dalam proses belajar mengajar untuk memudahkan siswa dan guru berinteraksi. Perancangan e-learning pada SMK Pluit Raya diterapkan untuk mempermudah proses belajar mengajar dan meningkatkan komunikasi antara siswa dan guru. E-learning ini dibuat dengan menggunakan metode waterfall dengan enam fase, yaitu Requirement Specification, Architectural Design, Coding, Integration & Testing, Operation & Maintenance. E-learning dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan html dan databasenya menggunakan MySql. E-learning  diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar pada SMK Pluit Raya yang awalnya dalam bentuk konvesional menjadi sistem informasi yang membutuhkan jaringan internet. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning memudahkan siswa untuk dapat mengakses materi dan memudahkan pengajar dalam membuat soal dan mengoreksi tugas maupun latihan, selain itu memudakan siswa untuk berinteraksi dengan guru dalam hal berkonsultasi mengenai pembelajaran yang dianggap sukar atau tidak dimengerti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febriannisa, D., & Hasugian, L. P. (2018). Perancangan E-learning pada SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal ULTIMA InfoSys : JURNAL ILMU SISTEM INFORMASI, 8(2), 62–68. https://doi.org/10.31937/si.v8i2.613

Kusnadi, Y. (2018). PREDIKSI TINGKAT KELULUSAN SISWA ELEARNING BERBASIS ALGORITMA FUZZY C-MEANS. 15(1), 1–6.

Novita, A., & Andiarni, A. (2019). PROTOTIPE E-LEARNING UNTUK PENDALAMAN DAN EVALUASI MATERI PEMBELAJARAN PADA SMPN 1 SAMIGALUH. Jurnal Ilmu Pen, 4(2), 211–216.

Oktofiyani, R., Anggraeni, W., Studi, P., Informasi, S., & Selatan, J. (2016). PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ( TAM ) STUDY KASUS SISWA / I KELAS X DI SMU NEGERI 92 JAKARTA. (1), 46–53.

Puspita, A., Fahmi, M., & Yuningsih, Y. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi E-Learning Menggunakan Model Waterfall Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 173–180. https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.94

Rahman, F., & Ratna, S. (2018). Perancangan E-Learning Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Technologia: Jurnal Ilmiah, 9(2), 95. https://doi.org/10.31602/tji.v9i2.1370

Sofyan, M. A., Jasmir, & Irawan. (2014). Perancangan Aplikasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Teknologi Infomasi Dan Komunikasi (Studi Kasus : Sman 6 Batanghari). 9(2), 244–253.

Supriadi, A., Alfiah, F., Fiqri, M., & Fauzan, N. (2019). LEARNING MODEL OF COOPERATIVE LEARNING TYPE TEAM GAMES TOURNAMENT BASED ON E-LEARNING IN SMK NUSAJAYA TANGERANG. 16(2), 105–112.

Susanto, W. E., & Ayu, Y. G. A. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Bianglala Informatika, 5(2).

Syahputra, H. F. (2017). SISTEM INFORMASI E-LEARNING Di SEKOLAH. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 2(2), 60–65.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9111

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9111.g4550

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License