APLIKASI CHEMICAL VIRTUAL LAB DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA SERTA MENGIMPLEMENTASI JAVAFX

yayan hendrian, Ragil Reynaldo Meyer

Sari


Abstrak  - Teknologi telah banyak membantu dalam mengumpulkan, memproses, dan memvisualisasikan informasi. Dalam bidang pendidikan, teknologi dapat membantu memberikan sarana pembelajaran yang berguna bagi para kalangan pelajar dan akademisi. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian beberapa orang sebelumnya. Aplikasi Virtual Chemical Lab merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menggunakan teknologi pemrograman Java. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini berlandaskan kepada teori yang di dapat dari sumber buku-buku, terutama buku yang berjudul “Chemical Principle: The Quest for Insight.” Fitur utama pada aplikasi ini adalah memprediksi produk hasil reaksi kimia yang diuji kembali dengan mencari informasi pada basis data yang disediakan oleh National Institutes of Health dan National Cancer Institute. Fitur pendukung lainnya adalah tabel periode dengan berbagai informasi dari informasi atomik sampai kepada sejarah penemuan unsur-unsur atom; dan informasi bentuk geometri 3 dimensi, geometri 2 dimensi, dan informasi deskriptif bentuk fisik dari suatu kompon atau molekul yang juga diperoleh dari basis data yang sama dengan yang telah disebutkan sebelumnya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anisah, E. (2013). KEFEKTIFAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS, 2(2252), 1–6.

Jaya, H. (2012). PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK VIRTUAL LABORATORY DEVELOPMENT FOR PRACTICUM AND FACILITATING CHARACTER EDUCATION IN VOCATIONAL HIGH. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2, 81–90.

Nurrokhmah, I. E., & Sunarto, W. (2013). Pengaruh Penerapan Virtual Labs Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Kimia, (2252).

Sari, R. A., Saputro, S., & Catur, N. (2014). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS BLOG UNTUK MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM, 3(2), 7–15.

Sugiana, I. N., Harjono, A., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls, II(2), 61–65.

Yulianti, D., & Khanafiyah, S. (2012). PENERAPAN VIRTUAL EXPERIMENT BERBASIS INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA, 8, 127–134.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7907

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7907.g4106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License