Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Terhadap Pemilihan Merek CCTV

Adjat Sudradjat, Muhamad Sodiqin, Ishak Komarudin

Sari


CCTV (Closed Circuit Television) saat ini menjadi alat sistem keamanan yang semakin penting digunakan, baik di lingkungan perkantoran, sarana fasilitas umum, bahkan di komplek perumahan. Banyak tindak kejahatan yang berhasil terungkap dengan bantuan rekaman gambar yang ada di kamera CCTV. Dari sekian banyak merek kamera CCTV yang ada, perusahaan harus jeli membaca minat konsumen terhadap produk-produk tersebut agar tidak merugi karena menjual produk yang salah. Penelitian ini berfokus pada upaya penerapan sistem pendukung keputusan terhadap pemilihan merek CCTV yang paling diminati oleh konsumen menggunakan metode analytical hierarchy process berdasarkan kriteria harga, kualitas gambar, dan kapasitas penyimpanan, dengan lima alternatif pilihan merek kamera CCTV yang banyak beredar di pasaran, yaitu Honeywell, Glenz, Hikvision, Schneider, dan Samsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Honeywell adalah merek kamera CCTV yang paling banyak diminati konsumen dengan bobot nilai 34,24%, disusul dengan merek Schneider dengan bobot 27,81%, Samsung dengan bobot 17,18%, Glenz dengan bobot 10,84%, dan terakhir Hikvision dengan bobot 9,94%. Hasil ini memberi referensi yang jelas bagi perusahaan untuk menentukan skala prioritas penjualan merek kamera CCTV apa yang akan lebih banyak ditawarkan kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Imron. (2019). Penerapan Metode AHP pada Penentuan Sales Terbaik Studi Kasus : PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia. Jurnal Teknik Komputer, V(1), 127–134. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Malik, A. Y., & Haryanti, T. (2018). Penerapan Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Keahlian Pada SMK Daarul Ulum Jakarta. Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 123–130. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/819

Sari, F. (2018). Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sutisna, H., & Basjaruddin, C. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pekerjaan menggunakan Metode Fuzzy Mamdani : Studi Kasus AMIK BSI Tasikmalaya. Jurnal Informatika, II(2), 362–375. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/109

Taufiq, G. (2016). Implementasi Logika Fuzzy Tahani Untuk Model Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan. Pilar Nusa Mandiri, XII(1), 12–20. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/67




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7660

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7660.g4101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License