Perancangan Website Desa Wisata Wukirsari Bantul Sebagai Media Promosi dan Pemesanan

Wahyutama Fitri Hidayat, Paulus Tofan Rapiyanta, Fajar Shidiq

Sari


Desa Wukirsari Bantul merupakan salah satu objek wisata yang mempunyai potensi alam dan budaya yang menarik untuk di kembangkan. Namun sampai saat ini untuk melakukan promosi dan pemesanan, pengelola desa wisata hanya mengandalkan media konvensional. Dalam era teknologi sekarang ini cara seperti itu terbilang sederhana karena orang lebih memilih cara instan menemukan informasi melalui internet. Perancangan website merupakan solusi terbaik untuk mempromosikan sekaligus sebagai media pemesanan secara online dengan tujuan mempermudah wisatawan memperoleh informasi, dan memberi kemudahan pengelola dalam kegiatan promosi dan pencatatan pesanan. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode pengamatan, metode studi pustaka, dan metode wawancara. Pengembangan software yang digunakan dalam perancangan ini yaitu dengan metode waterfall yang meliputi analisa kebutuhan perangkat lunak, desain, pembuatan kode program, pengujian, pendukung dan pemeliharaan. Penulis menganalisis kebutuhan dalam pembuatan database, membuat Entity Relationship Diagram, membuat Logical Relationship Structure kemudian membuat struktur navigasi user, member dan admin. Dalam pengujian website, penulis melakukan dengan menggunakan Black Box Testing agar sistem berjalan sesuai dengan lingkungan yang diinginkan. Kesimpulan yang dapat di ambil bahwa website ini memudahkan pengelola dalam kegiatan promosi dan pencatatan pesanan. Terutama dengan website ini wisatawan dapat dengan mudah memperoleh informasi dan  pemesanan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nisa, K., & Supriyanta. (2015). desa wisata Karangrejo sebagai media informasi dan promosi. Penelitian yang dilakukan untuk merancang. Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 1 Maret 2015, 3(1), 35–40.

Nugroho, D. S. (2018). Community Based Tourism Tantangan Dusun Nglepen dalam Pengembangan Desa Wisata. 5(1), 42–55.

Raihan. (2014). Perancangan Media Promosi Kacang Atom Gdr. 19, 2.

Riyanto, S., & Kurniawati, I. D. (2018). Rancang Bangun Website Desa Kresek-Madiun Untuk Media Informasi Potensi Wisata Alam Dan Kulinier. JUSIKOM PRIMA (Junal Sistem Informasi Ilmu Komputer Prima), 26(2), 4549–4556.

Sukamto, R. A. (2014). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek.

Yuliani, O., & Prasojo, J. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd). Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 7(2), 149. https://doi.org/10.28989/angkasa.v7i2.158

Zebua, M. (2016). Pemasaran Pariwisata: Menuju festival Sail Daerah. Depublish.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7472

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7472.g4091

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License