RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH SMP ISLAM AL-FATAH DENGAN METODE WATERFALL

Rachmat Suryadithia

Sari


ABSTRAKSI - Dengan mengacu pada pelayanan informasi sekolah, SMP Islam Al-Fatah Jakarta  mengalami kendala untuk menyampaikan informasi akademik untuk siswa-siswinya, wali murid atau orang tua siswa sulit mengetahui perkembangan belajar anak-anaknya disekolah seperti melihat nilai tugas, nilai UTS, dan Nilai UAS, karena semua metode penyampaian informasi ini masih konvensional. untuk memenuhi kebutuhan guru, siswa, maupun wali murid yang menjadi kendala pada proses terbentuknya sebuah penyampaian informasi akademik sekolah yaitu Konsep yang telah di analisis berdasarkan masalah dan kebutuhan pemakai yang di implikasikan dengan membuat sistem informasi yang terstruktur dan efisien berbasis digital , praktis, user friendly. Pengelola memiliki hak akses untuk mengolah data nilai siswa, input nilai absen, nilai tugas, nilai UTS, dan nilai UAS siswa. Sedangkan siswa maupun wali murid siswa mempunyai hak akses untuk melihat nilai-nilai akademiknya. Sistem informasi akademik sekolah yang dibangun ini berbasis website dengan menggunakan bahasa script PHP, dan database MySql yang akan dijelaskan menggunakan UML ((Unified Modelling Language). sistem informasi sekolah memudahkan para guru, siswa dan orang tua murid dalam informasi kegiatan sekolah serta memberikan laporan mengenai siswa dalam hal-hal akademik selama menjadi bagian dalam siswa sekolah tersebut dan memberikan informasi secara akurat, efisien dan relevan.

Kata kunci : Sistem Informasi Akademik Sekolah,  SMP Islam Al-Fatah Jakarta, Rancang Bangun Sistem


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7372

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7372.g3790

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License