Penerapan metode Rapid Application Development Dalam Sistem Informasi Pendidikan

Jefi jefi

Sari


SMA Raudhah Barmawiyah Kota Tangerang sebagai salah satu lembaga pendidikan sekolah swasta di kota Tangerang yang bertujuan untuk mendidik dan memberi pengetahuan baik berupa ilmu, sikap dan keahlian bagi para siswanya. Hal ini sudah berjalan secara berkelanjutan sehingga SMA Raudhah Barmawiyah mendapat reputasi dan memiliki fasilitas pendidikan yang baik.Sampai saat ini SMA Raudhah Barmawiyah masih menggunakan sistem manual, seperti pengolahan data siswa, guru, jadwal pelajaran, nilai siswa dan media penyimpanan masih dalam bentuk dokumen yang menggunakan microsoft word dan microsoft excel meskipun penataan tertata rapih tetapi beresiko kerusakan atau kehilangan data lebih tinggi.Menurut Jogiyanto dalam (Melan Susanti, 2016) “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang di perlukan”. Menurut Mishra dan Dubey dalam (Supriyatna, 2018) Untuk pengembangan suatu sistem informasi yang normal membutuhkan waktu minimal 180 hari. Namun dengan metode RAD suatu sistem dapat diselesaikan hanya dalam waktu 60-90 hari . Sistem Informasi Akademik ini ditujukan untuk mempermudah setiap pencarian data dengan cepat, dan solusi bagi SMA Raudhah Barmawiyah Tangerang ini membutuhkan sebuah sistem informasi akademik dengan sistem layanan pendidikan berbasis web yang dapat mengakses dan memperoleh informasi – informasi dengan lebih cepat.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7109

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7109.g3781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License