Perancangan Sistem Informasi Layanan Pelaporan Kerusakan Mesin Electronic Data Capture

Agus Saifullah, Bakhtiar Rifai, Vito Triantori

Sari


Pada sebuah perusahaan khususnya dalam memberikan pelayanan  kepada toko pengguna mesin EDC ( Electronic Data Capture) perlu adanya kecepatan pada penanganan setiap masalah yang sudah dilaporkan. EDC adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang penggunaannya dengan cara memasukkan atau menggesek kartu ATM, kartu debit maupun kartu kredit dalam suatu bank maupun antar bank, serta dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime. Sehingga perlu adanya aplikasi yang sistematis dalam penyelesaian masalah dilapangan. Semua penanganan masalah, pencatatan laporan, serta perhitungan masalah yang masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penelitian dilakukan untuk merancang dan membuat suatu sistem informasi layanan pelaporan kerusakan yang dinamis pada PT.Visionet Data Internasional  sehingga dapat mempermudah karyawan dalam melakukan pekerjaannya serta dapat mengefesiensikan waktu pengerjaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat program aplikasi ini diantaranya Xampp, Hypertext Prepocessor (PHP), My Structure Query Language (MySQL), Macromedia Dreamweaver. Dengan adanya aplikasi ini hasil yang ingin dicapai adalah untuk  mempercepat setiap penanganan masalah dan mempermudah karyawan dalam memberikan laporan sehingga dapat mengefesiensikan waktu dalam proses pekerjaan juga membantu mencari dan mengetahui masalah yang ada serta memberikan solusi alternative terhadap permasalahan yang dihadapi.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, P., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis Agus Prayitno 1) Yulia Safitri 2). Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/viewFile/592/483

Amin, R. (2016). Sistem Informasi Helpdesk Berbasis Web Pada Pt . Sisindokom Lintasbuana. 15–20. Retrieved from https://konferensi.nusamandiri.ac.id/proceeding/index.php/KNIT/article/view/4

Cermati.com. (2019). Mesin EDC, Ini Cara Kerja dan Tips Penggunaannya! Retrieved from www.cermati.com website: https://www.cermati.com/artikel/mesin-edc-ini-cara-kerja-dan-tips-penggunaannya

Darmawan, D., & Senjaya, W. (2017). Sistem Aplikasi Helpdesk Online Berbasis Web Pada Pt Xyz. Teknik Dan Ilmu Komputer, 07 No. 25(November 2017), 79–96. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.4432-12.2013

Gonius, N. (2013). Study Deskriptif Tentang Customer Complaints Di Restoran Wok Noodles Di Galaxy Mall Surabaya. 2(1), 1–15. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=Study+Deskriptip+Tentang+Customer+Complaints+Di+Restoran&btnG=

Irawan, A., & Setiyorini, N. K. (2017). Rancang Bangun Aplikasi helpdesk Dengan Menggunakan Pendekatan Knowledge Management System Pada Seksi Teknisi pt. Indah kiat pulp & paper tbk. Jurnal ProTekInfo, 4.

Syukron, A., & Hasanah, N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web Pada Puskesmas Winong. Jurnal Bianglala Informatika, 3(1), 28–34. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/574




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7070

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7070.g3768

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License